SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS FLIP BOOK PADA MATA PELAJARAN HUMAS DAN KEPROTOKOLAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 TUREN

Maya Silfia Nanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Nanda, Maya Silfia. 2017. Pengembangan E-Module Berbasis Flip Book Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kd 3.4 Mendeskripsikan Ruang Lingkup Pertemuan Dan Kd 4.4 Mengelola Pertemuan Untuk Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj Wasiti, S.Sos, M.Si.

 

Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran, E-Module, Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan

Bahan ajar ini dikembangkan berupa e-module yang merupakan bahan ajar elektronik yang dirancang menggunakan software Flipbook. Pengembangan e-module sangat diperlukan karena adanya perkembangan teknologi yang nantinya diharapkan dapat menjadi media alternatif sekaligus menjadi bahan ajar yang menarik.

Tujuan dari pengembangan bahan ajar E-Module Berbasis Flip Book Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan adalah menghasilkan produk berupa modul elektronik yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar di kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Media pembelajaran E-Module Berbasis Flip Book Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 9 siswa sebagai pengguna. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata 94,81% yang berarti valid dan sangat layak, hasil validasi oleh ahli media diperoleh rata-rata 95% yang berarti valid dan sangat layak, dan hasil validasi oleh pengguna diperoleh rata-rata 95,9% yang berarti valid dan sangat layak. Rata-rata dari beberapa validator diperoleh hasil 95,23% yang berarti valid dan sangat layak digunakan. Analisis hasil belajar siswa antara siswa pada kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada hasil analisis SPSS. Kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 86,11 sedangkan untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 91,50. Hasil analisis untuk tingkat ketuntasan kelas diperoleh data 97% untuk kelas eksperimen dan 77% pada kelas kontrol, ini menunjukkan bahwa pada kelas kontrol siswa masih belum tuntas dan pada kelas eksperimen siswa sudah memenuhi kriteria tuntas. Siswa dinyatakan tuntas secara klasikal minimal berada pada persentase 85%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran E-Module Berbasis Flip Book Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan sangat efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen.