SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI OLEH TUTOR TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Studi pada Siswa Kelas XI APK 4 dalam Mata Pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor di SMK Negeri 2 Kediri)

Dewi Puspa Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Dewi Puspa. 2017. Penerapan Metode Simulasi oleh Tutor Teman Sebaya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar (studi pada siswa kelas XI APK 4 dalam mata pelajaran menangani surat atau dokumen kantordi SMK Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Suharto S.M., M.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Metode pembelajaran Simulasi, Tutor Teman Sebaya, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa

Kebiasaan siswa yang pasif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi sebagian besar siswa sehingga menimbulkan rasa malu dan takut untuk bertanya tentang materi pembelajaran yang kurang dipahami. Selain kebiasaan siswa yang pasif, pembelajaran yang berpusat kepada guru juga sangat mempengaruhi keaktifan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan penerapan metode pembelajaran yang tepat untuk menarik partisipasi siswa secara keseluruhan sehingga siswa dapat secara aktif menyampaikan pendapat maupun bertanya meski tidak pada guru secara langsung dan juga akan mempermudah siswa dalam pemahaman materi pembelajaran yang terkait.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menangani Surat atau Dokumen Kantor dengan menggunakan metode pembelajaran Simulasi oleh Tutor Teman Sebaya Kompetensi dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah mendistribusikan surat masuk dan keluar menggunakan kartu kendali.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 4 sebanyak 35 siswa di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis diakhir siklus, nilai dari guru, pedoman wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu 1) mereduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penyimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Simulasi oleh Tutor Teman Sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan persentase aktivitas siswa siklus I adalah 62,3% dan 78,7% pada siklus II. Juga dapat ditunjukkan pada rata-rata nilai post test siklus I adalah 57% dan 91% pada siklus II. Perbandingan rata-rata nilai post test siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 34%.

 

Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah supaya bisa berhasil yang perlu diperbaiki oleh guru dalam penerapan metode pembelajaran simulasi oleh tutor teman sebaya adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa, agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Selain itu sangat penting dalam pemberian motivasi pada saat simulasi oleh tutor teman sebaya, agar dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan dan demokratis.