SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRO MATA PELAJARAN OTOMATISASI PERKANTORAN (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muh 3 Singosari)

Hendrika Novita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Hendrika Novita. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis iSpring Pro Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muh 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Pembelajaran, iSpring Pro.

Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa belum ada variasi penggunaan media pembelajaran, guru menggunakan buku/modul dan media papan tulis dalam menyampaikan materi pembelajaran, fasilitas sekolah seperti LCD dan speaker belum digunakan secara maksimal, sehingga pembelajaran tidak menarik, cenderung monoton, dan membosankan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis iSpring Pro mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Borg and Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan awal.

Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis iSpring Pro yang dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) dan buku panduan penggunaan media.

Media ini divalidasi oleh ahli media dari dosen dan guru, ahli materi dari dosen dan guru, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Hasil yang diperoleh dari validasi tersebut yaitu validasi ahli media dari dosen sebesar 92,2% dan ahli media dari guru sebesar 92,2%, validasi ahli materi dari dosen sebesar 94,4% dan validasi ahli materi dari guru sebesar 90,3%, validasi uji coba kelompok kecil sebesar 92,2%, validasi uji coba kelompok besar sebesar 87,9%. Berdasarkan hasil validasi tersebut maka media yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu siswa dalam memahami materi pembelajaran mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran.

 

Saran yang dapat disampaikan yaitu: (1) penggunaan media dapat dilaksanakan di laboratorium komputer atau dalam kelas yang terdapat fasilitas seperti LCD dan proyektor (2) Speaker juga bisa digunakan untuk membantu menunjang pembelajaran agar suara dalam media bisa didengarkan oleh seluruh siswa sehingga materi dapat tersampaikan secara menyeluruh (3) guru SMK disarankan mengembangkan media pembelajaran dengan iSpring Pro untuk materi yang lain, karena program ini mudah dioperasikan dan memiliki banyak fitur pendukung sehingga kondisi pembelajaran siswa akan menyenangkan.