SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMENDALAM BERTRANSAKSI SECARA ONLINE PADA KONSUMENTOKOPEDIA.COM KATEGORI FASHION WANITA DAN FASHION PRIA

novi yupitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kebanyakan bisnis mencoba yang terbaik untuk terus memuaskan konsumen mereka, sehinggaperusahaan harus lebih tanggap dalam membandingkan kinerja suatu produk yang dirasakan dengan harapan konsumen, karena dengan memenuhi harapan konsumen perusahaan dapat meningkatkan penjualan bahkan meningkatkan hubungan antara konsumen dan perusahaan. Kepuasan konsumen yang tampaknya menjadi barometer khususnya hubungan antara konsumen dan e-vendor yang hanya melalui website sebagai media yang mendukung bisnis online.

Ada beberapa faktor yang dapat diciptakan perusahaan terutama dalam bisnis online untuk mencapai kepuasan konsumen yaitu kualitas informasi untuk mempresentasikan informasi produk maupun jasanya dan kepercayaan tentang kejujuran e-vendor, kemampuan e-vendor dalam melakukan apa yang dibutuhkan konsumen, kepedulian e-vendor dan motivasi untuk bertindak sesuai kepentingan konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh kepercayaan dan kualitas informasi terhadap kepuasan konsumen dalam bertransaksi secara online pada konsumen Tokopedia kategori fashion wanita dan fashion pria. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dan analisis regresi linier berganda pada program SPSS for windows.Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik e-survey yang dikirimkan kepada 1095 konsumen Tokopediadengan response rate 10% pengembalian dan didapatkan 114 responden.

 

Hasil dari penelitian ini adalah (1) kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen.Untuk itu Tokopedia.com disarankan agar meningkatkan kepercayaan pada konsumen, khususnya lebih meningkatkan kompetensinya dalam memenuhi pesanan konsumen dengan produk-produk yang baik. Dan memperhatikan kualitas informasi pada kategori playfulness, dengan meningkatkan playfulness yang dapat membentuk sikap konsumen danniat perilaku pada website Tokopedia.com.