SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruuh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen

Ruswanto Ruswanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Ruswanto. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sopiah, M.Pd, M.M., (II) Drs. Muhammad Hari, M.Si

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar

Hasil belajar siswa umumnya dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penelitian ini ada dua faktor yang diuji dan diduga mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu motivasi belajar, dan kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi motivasi belajar, kebiasaan belajar dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah motivasi belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebanyak 117 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 90 siswa. Teknik sampling dalam penelitian adalah probability sampling dengan jenis proportionate random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner.

Hasil penelitian ini adalah Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen memiliki motivasi belajar yang sangat baik (4,31), memiliki kebiasaan belajar yang sangat baik (4,29), dan memiliki hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan yang tergolong cukup dengan nilai antara 75-79. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

 

Peneliti menyarankan (1) Bagi guru, mampu mendorong siswa untuk rajin belajar dan diharapkan meberikan tugas untuk siswa agar siswa terbiasa belajar, (2) Bagi siswa, siswa mampu memotivasi diri dan membiasakan belajar dengan baik dan mampu menjadikan kebiasaan sebagai penyebab atas terjadinya apa yang dilakukan, (3) Bagi penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang motivasi dan kebiasaan belajar siswa, dan variabel lainya yang diperkirakan sangat besar pengaruhnya pada hasil belajar.