SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Narasi Melalui Membaca Sekilas (Skimming) Kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar

Baridatul Munawaroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Munawaroh, Baridatul. 2017. Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Narasi Melalui Teknik Membaca Sekilas (Skimming) Kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar.Skripsi, Prodi S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suhel Madyono.S.Pd., M.Pd., (II) Suwarti. S.Pd., M.Pd.,

 

Kata kunci : peningkatan, memahami teks narasi, teknik skimming

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar pada proses pembelajaran membaca teks narasi dengan jumlah 19 siswa menunjukkan permasalahan antara lain, pembelajaran di kelas kurang mengak-tifkan siswa serta tingkat kerja sama antar siswa masih kurang. Guru menggunakan teknik membaca kurang bervariasi sehingga membuat siswa bosan saat mengikuti pembelajaran bahasa indonesia. Dan siswa hanya membaca bacaan yang diberikan guru tanpa memahami isi dari bacaan tersebut yang berdampak pada hasil belajar siswa. Sehingga, hanya 2 siswa yang tuntas dengan KKM 70 sementara 17 siswa belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan teknik membaca sekilas (skimming) dan meningkatkan kemampuan memahami teks narasi.

Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis pene-litian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus ada 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menerapkan teknik Skimming dalam pembelajaran bahasa indonesia berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan pada aktivitas guru siklus I 85% dengan kategori B (baik) meningkat menjadi 100% dengan kategori A (sangat baik) pada siklus II, aktivitas siswa 73% dengan kategori C (cukup baik) meningkat menjadi 93% dengan kategori A (sangat baik) pada siklus II dan persentase ketuntasan siswa dari pratindakan 11% dengan kategori E (tidak baik) meningkat menjadi 32% kategori E (tidak baik) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 87% dengan kategori B (baik) pada siklus II.

 

Kesimpulan kepada guru dan peneliti lanjut agar menggunakan teknik membaca sekilas (skimming) karena dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa, yang perlu diperhatikan dalam penggunaan teknik adalah lebih teliti untuk mempelajari sintak agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.