SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Elektronik (e-book) Berbasis EPUB Untuk Mata Pelajaran Menata Produk Pada Kompetensi Dasar Memonitor Penataan Produk (Studi Pada Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri).

Oktafiany Widhi Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Oktafiany Widhi. 2017. Pengembangan Buku Elektronik (e-book) Berbasis EPUB Untuk Mata Pelajaran Menata Produk Pada Kompetensi Dasar Memonitor Penataan Produk (Studi Pada Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si.

 

Kata Kunci : Pengembangan buku elektronik, EPUB, Menata Produk

Buku elektronik adalah buku cetak yang diubah bentuk menjadi elektronik yang dapat dibaca pada perangkat komputer maupun perangkat genggam yang memuat teks, gambar, animasi, audio, maupun video berupa file dengan berbagai format.

Tujuan pengembangan buku elektronik berbasis EPUB untuk mata pelajaran Menata Produk adalah menghasilkan sumber belajar berupa buku elektronik (e-book) dengan format EPUB dengan hasil akhir berupa CD yang praktis sehingga mudah untuk digunakan dan disebarluaskan oleh siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri, dan mengetahui respon siswa terhadap keefektifan penggunaan buku elektronik (e-book) berbasis EPUB sebagai sumber belajar siswa secara mandiri.

Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono dengan beberapa modofikasi, yang meliputi 9 tahap yaitu : (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi produk. Penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh hasil yang valid dalam penelitian pengembangan.

Buku elektronik berbasis EPUB untuk mata pelajaran Menata Produk pada kompetensi dasar Memonitor Penataan atau Display Produk divalidasi oleh 1 ahli instrumen, 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 pengguna, dan ujicoba oleh 37 siswa sebagai audience dalam pembelajaran menggunakan buku elektronik berbasis EPUB. Hasil validasi dari ahli instrumen sebesar 83,33% (sangat valid), ahli materi sebesar 90% (sangat valid), hasil validasi oleh ahli media sebesar 88,66% (sangat valid), hasil validasi pengguna sebesar 89,28% (sangat valid), ujicoba siswa skala kecil dengan jumlah 10 siswa sebesar 82% (sangat valid), ujicoba siswa skala besar dengan jumlah 37 siswa sebesar 85,49% (sangat valid) dan rata-rata hasil validasi dan ujicoba keefektifan penggunaan buku elektronik berbasis EPUB menggunakan perhitungan validitas gabungan mendapatkan persentase sebesar 86,14% yang berarti sangat valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif untuk mata pelajaran Menata Produk.

ABSTRAK

 

Astuti, Oktafiany Widhi. 2017. The Development of E-book Based on EPUB for Product Management Subject on Monitoring Arrangement and Product Display (A Study of Eleventh Grade of Marketing Class at SMK Negeri 2 Kediri). Undergraduate Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor (1) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si.

 

Keywords : e-book development, EPUB, Product Management

An e-book is basically a book publication which is available in digital form. It contains texts, pictures, animation, audio, as well as video in various file formats that can be read in computer or any electronic devices that support the program.

The purpose of developing an EPUB-based e-book for Product Management subject was to produce learning resources in the form of e-book and EPUB format of which result is put into a CD so that it can be practical and easy to use by the students from Marketing Class at SMK Negeri 2 Kediri. This study was also conducted to receive responses from the students on the effectiveness of this EPUB-based e-book as a learning resources that can be used for independent study.

This development of the product was carried out by following development model suggested by Sugiyono with some modifications, including 9 stages that are (1) potentials and problems identification, (2) data collection, (3) prototype design, (4) prototype validation, (5) prototype revision, (6) prototype tryout, (7) product revision, (8) effectiveness test, (9) product revision. A questionnaire was used to confirm the validity of the product.

 

The EPUB-based e-book for Product Management product was developed on two basic competencies, monitoring arrangement and product display. The prototype was validated by three experts in (instrumentation, instructional media, product management) and one user and later tested out by 37 students as the audience. The result of product validation by an expert in instrumentation indicated that the validity of the product was 83,33% (very valid), by a product management expert was 90% (very valid), by an instructional media was 88,66% (very valid), and by the user was  89,28% (very valid). The result of the tryout by 10 students showed that the validity of the product was 82% (very valid) and by 37 students was  85,49% (very valid). Therefore, the average result of the product validation was 86,14% which means that the product is very valid and feasible as an alternative learning resource for Management Product subject.