SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pelaksanaan Program Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Kesekretariatan Di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban).

rita hardaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardaningrum, Rita. 2009. Pengaruh Pelaksanaan Program Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Kesekretariatan Di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban). Skripsi, Jurusan Mananjemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarbini, (II) Elfia Nora, S.E., M.Si.

 

Kata kunci: pendidikan dan pelatihan, produktivitas kerja pegawai

 

Sebuah perusahaan yang berpedoman bahwa investasi di bidang sumber daya manusia itu sangat penting, tentu akan senantiasa berupaya keras untuk meningkatkan produktivitas pegawainya. Seperti yang telah diterapkan perusahaan milik BUMN skala internasional, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban yang menempatkan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan sebagai agenda rutin yang wajib untuk dilakukan. Pendidikan dan pelatihan acapkali dihubungkan dengan produktivitas kerja pegawai. Logikanya, semakin baik pelaksanaan suatu program pendidikan dan pelatihan, maka akan baik pula produktivitas kerja seorang pegawai karena lebih memahami seluk beluk pelaksanaan tugas kerjanya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran secara deskriptif pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan, dan produktivitas kerja pegawai di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban. Selain itu untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel pendidikan dan pelatihan (X) yang terdiri dari metode pelatihan (X1), materi pelatihan/kurikulum pelatihan (X2), dan kemampuan instruktur (X3), serta variabel produktivitas kerja pegawai (Y), baik secara parsial maupun simultan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Data yang diperoleh melalui responden menggunakan angket tertutup, yaitu sistem angket yang telah ditentukan alternatif jawabannya sehingga responden tinggal memberikan tanda silang (X) pada salah satu jawaban yang sesuai dengan kondisi mereka. Instrumen angket ini menggunakan item-item dari penelitian terdahulu yang teruji. Meskipun demikian, uji validitas dan reliabilitas tetap dilakukan untuk menguji kebenaran data yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai kesekretariatan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban yang terdiri dari Divisi Komunikasi, Divisi Sumber Daya Manusia, serta Divisi Hukum dan Manajemen Risiko yang berjumlah 235 orang. Sedangkan sampel yang diambil berjumlah 70 orang menggunakan Random Sampling (sampel acak) dan rumus Slovin. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 15.00 for windows.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa sebagian responden yang berjumlah 87,1% (61orang) meyatakan setuju terhadap variabel metode pelatihan (X1), 88,6% (62orang) menyatakan tepat terhadap variabel materi pelatihan/kurikulum pelatihan (X2),dan 92,9% (65 orang) menyatakan tepat terhadap variabel kemampuan instruktur (X3).

i

  Secara parsial variabel metode pelatihan (X1), materi pelatihan/kurikulum pelatihan (X2), dan kemampuan instruktur (X3) memiliki penaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi t

ii

  Selain itu, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban juga perlu mengidentifikasikan faktor-faktor lain di luar pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai agar kedepannya jauh lebih baik sesuai cita-cita perusahaan, yaitu menciptakan lingkungan intern perusahaan yang kondusif sesuai standarisasi kerja 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin).