SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Muh. Arif Abdurochman

Abstrak


ABSTRAK

 

Abdurochman, Muh Arif. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Nganjuk). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini, M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, adobe flash CS6, hasil belajar

Media pembelajaran adalah alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang memegang peranan penting dalam kegiatan proses pembelajaran, yang digunakan sebagai perantara antara guru dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Media dirancang sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran, baik untuk guru maupun peserta didik, agar tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai dengan baik. Media pembelajaran ini dirancang menggunakan software Adobe Flash CS6.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk, (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 melalui validasi dari ahli materi, ahli media, dan peserta didik uji coba kelompok kecil, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran.

Metode penelitian ini memodifikasi metode yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam Sugiyono adapun tahap penelitian tersebuat adalah (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian. Validasi media dilakukan oleh guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Nganjuk yang menjadi ahli materi, ahli media dilakukan oleh dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, dan uji coba produk dilakukan oleh peserta didik kelas X APK di SMK Negeri 2 Nganjuk.

 

Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli materi diperoleh 91%, ahli media diperoleh 89%, dan uji coba kelompok kecil diperoleh 84%. Berdasarkan hasil tersebut berarti media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 sangat layak/valid digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata sebesar 77,87 kelas (APK 1), dan kelas kontrol mendapat 68,75 kelas (APK2) dan 69,43 kelas (APK 3). Berdasarkan hasil tersebut berarti media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.