SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam di Kota Malang pada Tahun 2013-2015

Miftahul Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Miftahul. 2017. Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam di Kota Malang pada Tahun 2013-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(1)   Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci: Kesehatan Koperasi, Koperasi Simpan Pinjam Kota Malang, Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Menteri Koperasi dan UKM No.06/Per/Dep.6/VI/2016

Kesehatan koperasi adalah suatu kondisi koperasi yang dapat dilihat dari kinerja koperasi agar koperasi dapat mengambil kebijakan demi keberlangsungan usahanya dalam jangka pendek maupun jangka panjang.. Oleh karena itu penting dilakukannya analisis mengenai tingkat kesehatan koperasi sebagai dasar untuk mengukur kesehatan keuangan koperasi. Berdasarkan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Menteri Koperasi dan UKM No.06/Per/Dep.6/VI/2016, terdapat tujuh aspek yang digunakan sebagai indikator penilaian kesehatan koperasi yaitu: permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, pertumbuhan dan kemandirian serta jatidiri koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kinerja keuangan dalam penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam serta untuk mengetahui tingkat kesehatan koperasi koperasi simpan pinjam di Kota Malang.

Jenis penelitian yang digunakan ini adalah deskrptif kuantitatif dengan metode analisis laporan keuangan KSP dan didukung data kualitatif berupa wawancara pada aspek manajemen. Subyek dalam penelitian ini adalah KSP di Kota Malang. Periode yang digunakan adalah tahun 2013-2015. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara maupun kepustakaan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh delapan kesimpulan, (1a) aspek permodalan KSP dalam kondisi Sehat (b) aspek kualitas aktiva produktif KSP dalam kondisi sehat (c) aspek manajemen KSP dalam kondisi sehat (d) aspek efisiensi KSP dalam kondisi kurang sehat (e) aspek likuditas KSP dalam kondisi kurang sehat (f) aspek pertumbuhan dan kemandirian KSP dalam kondisi kurang sehat (g) Aspek jatidiri KSP dalam kondisi cukup sehat (2) KSP di Kota Malang dalam predikat cukup sehat.

 

KSP di Kota Malang hendaknya meningkatkan predikat dari cukup sehat menjadi sehat. Anggota diharapkan mentaati kebijakan KSP terkait pinjaman yang diberikan agar tidak adanya lagi pinjaman yang bermasalah. Peneliti selanjutnya agar kedepannya dapat menggunakan pedoman penilaian kesehatan koperasi terbaru mengikuti Peraturan Menteri Koperasi dan UKM.