SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Autentik Assesment Berbasis Kinerja pada Matapelajaran Kearsipan (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi)

Dyan Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Dyan. 2017. Pengembangan Model Autentik Assesment Berbasis Kinerja pada Matapelajaran Kearsipan (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci:assesment autentik, penilaian kinerja, pembelajaran Kearsipan, SMK Administrasi Perkantoran X.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model assesment autentik berbasis kinerja yang dapat mengembangkan potensi, kemampuan, dan kreativitas siswa, mengembangkan karakter siswa, mengukur kompetensi siswa berdasarkan standar kompetensi, serta memenuhi persyaratan assesment yang baik.

Model assesment yang dikembangkan menggunakan dua macam instrumen tes maupun non tes yang terbagi dalam tiga ranah, yaitu; (1) assesment kinerja, yang terdiri dari tugas kinerja dan rubrik penilaian, (2) assesment pengetahuan yang terdiri dari soal pilihan ganda dilengkapi dengan kunci jawaban serta studi kasus beserta pengamatan kemampuan pemecahan masalah, dan (3) assesment angket sikap ilmiah berupa self assesment, peer assesment, dan pengamatan karakter siswa.

Tujuan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini yaitu; (1) menghasilkan produk berupa paket instrumen autentik assesment berbasis kinerja pada matapelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar Menyimpan dan Menemukan Kembali Arsip/Dokumen, (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yang dikembangakan dengan metode Research and Development berdasarkan model pengembangan pembelajaran Borg & Gall yang dimodifikasi melalui validasi ahli dan uji coba keterbacaan.

Prosedur pengembangan dibagi dalam enam tahapan, yaitu; (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary, (4) preliminary, (5) main product revision, (6) operational field testing. Subjek coba adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 1 Ngawi, Kabupaten Ngawi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis komentar dan saran dari pakar dan guru, pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil validasi pakar menggunakan rumus persentase. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pengembangan autentik asesmen berbasis kinerja menghasilkan produk berupa paket instrumen autentik yang digunakan untuk mengukur dan meningkatkan potensi serta kreativitas siswa yang terbagi dalam intrumen tes dan non tes yang mencakup ranah psikomotorik, kognitif, dan afektif. (2) Kualitas produk yang dihasilkan; (a) model assesment autentik yang dikembangkan telah memiliki kriteria sebagai model yang valid ditinjau dari aspek tugas, rubrik, prinsip, kegiatan pembelajaran, maupun pelaksanaan pembelajaran, dan semua aspek tersebut telah memiliki kriteria yang sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi substantif, (b) semua instrumen model autentik assesment dalam pembelajaran Kearsipan kelas X SMK Administrasi Perkantoran telah memenuhi kriteria sebagai instrumen yang valid, objektif, sistematis, dan praktis.