SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kepentingan Pembelajaran (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi)

Fitri Dewi Wijayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanti, Fitri Dewi. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kepentingan Pembelajaran (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi). Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Produktif Pemasaran, TIK, e-learning, e-module

Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran yang meliputi: pemahaman wawasan atau landasan kependidikan,  pemahaman tentang peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil belajar; dan pengembangan peserta didik untuk  mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Salah satu tuntutan dalam kompetensi pedagogik yang harus dilakukan oleh guru adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Oleh karena itu, guru dalam pembelajaran yang dilakukannya harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari kesenjangan antara tuntutan yang ada dalam kompetensi pedagogik guru dengan realita yang ada di lapangan.

Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah guru ProduktifPemasaran SMK Negeri 1 Ngawi. Prosedur penelitian adalah observasi awal, pelaksanaan penelitian, analisis data, penarikan kesimpulan data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi dilengkapi dengan instrumen penelitian yaitu panduan wawancara, lembar observasi dan catatan lapangan, perekam suara, dan kamera.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Kompetensi pedagogik dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya e-learning dan e-module yang dimiliki oleh guru Produktif Pemasaran,keempat subjek penelitian dalam kegiatan pembelajaran belum memanfaatkan e-learning dan e-module secara optimal. Guru dalam kegiatan pembelajaran lebih sering menggunakan media pembelajaran berupa power point, papan tulis dan buku cetak. Pemanfaatan E-learning dan e-modulehanya digunakan pada mata pelajaran tertentu, selain itu penggunaan e-learning dan e-module paling efektif digunakan pada kelas Alfamart, dikarenakan kelas Alfamart melakukan prakerin eksternal selama satu tahun penuh sehingga membutuhkan pembelajaran jarak jauh.2) Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan e-learning dan e-module yaitu; a) penambahan kuota Wi-Fi dan pemenuhan sarana dan prasarana seperti komputer/laptop, b) mengadakan pelatihan kepada guru-guru tentang e-learning atau e-module. 3) Faktor penghambat pemanfaatan e-learning atau e-moduleoleh guru produktif pemasaran yaitu; a) keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, b) kurangnya kompetensi guru di bidang teknologi, c) beberapa siswa jurusan pemasaran tidak memiliki laptop atau smartphone.

ABSTRAK

 

Wijayanti, Fitri Dewi. 2017. The Analysis of Teacher’s Pedagogic Competence in Utilizing  The Information Media Based on Communication Technologyfor TeachingInterest (The Research at Productive Marketing Teacher in SMK Negeri 1 Ngawi). Thesis, Program Study of Business, Department of Management, Faculty of Economy, Universitas Negeri Malang. Adviser: Dr. H. Sutrisno, M.M.

 

Keyword:Pedagogic Competence, The Teacher of Productive Marketing,Communication and Information Technology,e-learning, e-module

Pedagogical competence is teacher competence in teaching management including: theconcept comprehension or the foundation of education, the understanding of the learners, curriculum development, teaching arrangement, attractive and educative  teaching, outcome of teaching evaluation; and learners development in actualizing their potential.One of the requirements in pedagogic competence for teacher is that  utilizing communication and information technology as teaching concerns. Thus, in teaching teacher must be able to make use of communication and information technology. The purpose of this research is that to discover the discrepancy between the requirement in pedagogic competence for teacher with the reality.

The approach used in this research is qualitative approach. The object research is the teacher of Productive Marketing of SMK Negeri 1 Ngawi. The research procedure are initial observation, practice, data analysis, drawing conclusion, and reporting. The technique of the data collection is interview, documentation, and observation with the research instrument that is interview guide, observation sheets, and the note field, voice recording, and camera.

 

The result of this study shows that; 1) The pedagogic competence in using technology, especially in e-learning and e-module owned by Procuctive Marketing teacher, these four participants have not yet used e-learning and e-module optimally. The teachers prefer using power point, white board, and text book as the media in learning and teaching. The e-learning and e-modul are only used in several subjects, and also only effectively used in Alfamart class since the class has a year internship that requieres Distance Learning. 2) Three attemps to enhance the teacher’s competence in using e-learning and e-module are: a) Providing better Wi-Fi connectivity and infrastructure, such as laptops or computers. b) Providing mentorship program for teachers about e-learning and e-module. 3) The factors that causing difficulty in the application of e-learning and e-module are: a) The limited amount of infrastructures provided in school. b) The lack of teacher’s competence in media technology. c) Several students of the marketing major do not have smartphones or laptops.