SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kepentingan Pembelajaran (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi)

Fitri Dewi Wijayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanti, Fitri Dewi. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kepentingan Pembelajaran (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Ngawi). Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Produktif Pemasaran, TIK, e-learning, e-module

Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran yang meliputi: pemahaman wawasan atau landasan kependidikan,  pemahaman tentang peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil belajar; dan pengembangan peserta didik untuk  mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Salah satu tuntutan dalam kompetensi pedagogik yang harus dilakukan oleh guru adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Oleh karena itu, guru dalam pembelajaran yang dilakukannya harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari kesenjangan antara tuntutan yang ada dalam kompetensi pedagogik guru dengan realita yang ada di lapangan.

Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah guru ProduktifPemasaran SMK Negeri 1 Ngawi. Prosedur penelitian adalah observasi awal, pelaksanaan penelitian, analisis data, penarikan kesimpulan data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi dilengkapi dengan instrumen penelitian yaitu panduan wawancara, lembar observasi dan catatan lapangan, perekam suara, dan kamera.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Kompetensi pedagogik dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya e-learning dan e-module yang dimiliki oleh guru Produktif Pemasaran,keempat subjek penelitian dalam kegiatan pembelajaran belum memanfaatkan e-learning dan e-module secara optimal. Guru dalam kegiatan pembelajaran lebih sering menggunakan media pembelajaran berupa power point, papan tulis dan buku cetak. Pemanfaatan E-learning dan e-modulehanya digunakan pada mata pelajaran tertentu, selain itu penggunaan e-learning dan e-module paling efektif digunakan pada kelas Alfamart, dikarenakan kelas Alfamart melakukan prakerin eksternal selama satu tahun penuh sehingga membutuhkan pembelajaran jarak jauh.2) Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan e-learning dan e-module yaitu; a) penambahan kuota Wi-Fi dan pemenuhan sarana dan prasarana seperti komputer/laptop, b) mengadakan pelatihan kepada guru-guru tentang e-learning atau e-module. 3) Faktor penghambat pemanfaatan e-learning atau e-moduleoleh guru produktif pemasaran yaitu; a) keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, b) kurangnya kompetensi guru di bidang teknologi, c) beberapa siswa jurusan pemasaran tidak memiliki laptop atau smartphone.