SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sikap Profesional Guru dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Pasuruan

Ismatul Maula

Abstrak


ABSTRAK

 

Maula, Ismatul. 2017. Pengaruh Sikap Profesional Guru dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKNegeri 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd

 

Kata Kunci: Sikap Profesional Guru, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara dengan salah pegawai Tata Usaha SMKN 1 Pasuruan mengatakan bahwa disiplin kerja guru memang sangat diperhatikan, karena pada saat guru sampai di sekolah harus melakukan presensi finger print. Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan hasil wawancara dengan salah satu peserta didik yang mengatakan bahwa pada saat masuk ke dalam kelas masih terdapat beberapa guru yang terlambat, sehingga penggunaan finger print masih kurang efektif untuk meningkatkan kedisiplinan guru. Peneliti juga melakukan observasi di kelas XII APK dimana diperoleh fakta bahwa pada saat proses pembelajaran, guru kurang memperhatikan peserta didik karena masih terdapat peserta didik yang berbicara sendiri, bermain handphone dan bahkan ada yang tertidur, sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja guru terlihat kurang optimal karena guru masih belum bisa mengelola kelas dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi sikap profesional guru, disiplin kerja, dan kinerja guru. (2) Pengaruh sikap profesional guru terhadap kinerja guru, dan (3) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap profesional guru (X1) dan disiplin kerja (X2) dengan variabel terikatnya adalah kinerja guru (Y). Subjek pada penelitian ini adalah Guru SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 112, sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan taraf 30% sehingga jumlah sampel menjadi 35 orang dengan teknik sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) sikap profesional guru dapat diklasifikasikan sangat profesional. (2) Disiplin kerja dapat diklasifikasikan sangat disiplin. (3) Kinerja guru termasuk dalam klasifikasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa (1) pada uji t sikap profesional guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. (2) pada uji t disiplin kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) Bagi Kepala SMK Negeri 1 Pasuruan harus bisa mempertahankan serta tetap menjaga kualitas kinerja dan pengawasan terhadap bawahan mengenai sikap profesional guru dan disiplin kerja yang dilakukan oleh guru. (2) Bagi guru SMK Negeri 1 Pasuruan untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya secara optimal seperti menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif, memanfaatkan teknologi dan fasilitas dalam kegiatan pembelajaran, serta memahami bahan ajar dengan mengembangkan referensi bahan ajar yang lain. (3) Bagi peneliti selanjutnyadisarankan untuk mengadakan penelitian yang serupa dengan variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru serta memperbanyak waktu penelitian agar mendapatkan hasil yang maksimal.