SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RETURN ON ASSET (ROA) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE AND PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2015

Regina Setyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyaningsih, Regina. 2017. PengaruhIntellectual CapitalterhadapNilai Perusahaan denganReturn On Asset (ROA) sebagaiVariabelInterveningpada Perusahaan Real Estate And Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015. Skripsi, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang.

Pembimbing : (I) Fadia Zen, S.E., M.M (II)H. Subagyo, S.E., S.H., M.M..

 

Kata Kunci:Intellectual Capital, Nilai Perusahaan, Return on Asset (ROA).

Memaksimalkannilaiperusahaandapatdicapaibilaperusahaanmemperhatikan para pemegangkepentingan (stakeholder). Keseimbanganpencapaiantujuanstakeholderperusahaan, dapatmenjadikanperusahaanberpeluangmendapatkankeuntunganmaksimalsehinggakinerjaperusahaanakandinilaibaikoleh investor.

Penelitimengambilvariabelintellectual capitaldanreturn on assetkarenamerupakansalahsatufaktor yang dapatmempengaruhinilaiperusahaan. penelitianinibertujuanuntuk (1) Mendeskripsikanvariabelnilaiperusahaan, intellectual capital, dan ROA selamaperiodepenelitian (2) Mengujipengaruhintellectual capitalterhadapnilaiperusahaan (3) Mengatahuipengaruh ROA sebagaivariabelintervening.

Penelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakan data sekunder. Populasidalampenelitianiniadalahperusahaanreal estate and proprety yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2015 sebanyak 49 perusahaan yang disesuaikandenganbeberapakriteriasehinggadapatsebanyak 33 perusahaan. Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisjalur (path analys).

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa, intellectual capitalberpengaruhsignifikanterhadapreturn on asset (ROA), return on asset (ROA) berpengaruhsignifikanterhadapnilaiperusahaan, intellectual capitaltidakberpengaruhsignifikanterhadapnilaiperusahaan. halinikarenarendahnyakesadaran investor akanpentingnyasumberdayaintelektual yang dimilikiperusahaansehinggatidakberpengaruhterhadapnilaiperusahaan.

 

Berdasarkanhasilanalisis data tersebutbahwa para investor yang hendakmenanamkanmodalnya, sebaiknyamemperhatikankinerjakeuanganperusahaan. apabilakinerjaperusahaantersebutbaikmakaakanmemberikanprospekdimasa yang akandatang. Untukpenelitianselanjutnyalebihbaikmenggunakanperusahaanjasakeuangankarenaperusahaanjasakeuanganmengutamakankemampuan, inovasimaupungagasan ide yang dimilikidalammemberikanpelayanandanmemprediksikebutuhankeuanganpelanggangan di waktu yang akandatang.