SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler IM3 (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk)

Gilang Wahyu Wieddagdo

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi informasi dan juga industri telekomunikasi yang terus berkembang saat ini menyebabkan persaingan di industri telekomunikasi menjadi semakin ketat. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah melalui strategi periklanan dan citra merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana deskripsi periklanan dan citra merek terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada Siswa kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk; 2) Apakah Periklanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada Siswa kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk; 3) Apakah citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada Siswa kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk; 4) Variabel manakah yang berpengaruh dominan menentukan keputusan pembelian kartu seluler IM3 pada Siswa kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk.

Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuisioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian adalah Siswa kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk yang menggunakan kartu seluler IM3. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportionate Random Sampling, sedangkan untuk penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 120 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: 1) Periklanan dan citra merek dipersepsikan baik oleh Siswa kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk yang menggunakan kartu seluler IM3; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel periklanan terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel citra merek terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3; 4) Variabel citra merek memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3.

 

Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan: 1) Bagi pihak IM3 sebaiknya tetap menjaga kualitas produknya selama ini dan juga lebih meningkatkan kualitas pelayanan sehingga apa yang dijanjikan dalam iklan sesuai dengan apa yang dirasakan oleh konsumen, menambah media periklanan yang digunakan sehingga terdapat banyak pilihan dalam periklanan, membuat iklan yang lebih menarik juga harus dilakukan untuk dapat menarik perhatian konsumen; 2) Dalam penelitian selanjutnya peneliti diharapkan memperluas mengenai variabel periklanan dan citra merek dan juga menggunakan sub variabel atau variabel lainnya seperti harga, kualitas layanan, strategi differensiasi, faktor psikologis dan faktor pribadi yang dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian.