SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Public Relations Melalui Progam Wisata Pos (Studi Pada PT. Pos Indonesia Kantor Pos Lumajang)

Diaz Prawidya Mukti

Abstrak


ABSTRAK

 

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penerapan public relations yaitu progam wisata pos yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia Kantor Pos Lumajang dalam menghadapi persaingan di bisnis jasa pengiriman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian dan dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus dengan memanfaatkan beberapa metode.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (I) Public relations melalui progam wisata pos merupakan suatu progam yang dikeluarkan oleh kantor pos itu sendiri dengan tujuan untuk mengedukasi sekaligus sebagai salah satu bentuk promosi. (II) Penerapan progam wisata pos ini dilaksanakan melalui 5 tahapan proses mulai dari pertama anak datang, mengikuti acara progam wisata pos, menyanyi bersama serta foto-foto bersama dengan pegawai dan atribut-atribut kantor pos. (III) Pelaksanaan kegiatan progam wisata pos ini masih belum maksimal dikarenakan masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya panitia pelaksana serta terbatasnya fasilitas antar jemput peserta progam wisata pos. (IV) Kantor Pos Lumajang ini memiliki kelebihan dalam menerapkan progam wisata pos ini yaitu Kantor Pos Lumajang ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dalam pelaksanaannya dan memiliki atribut sepeda mini dengan tema kantor pos. Untuk kelemahannya properti yang dipakai untuk progam wisata ini ukurannya sesuai dengan ukuran dewasa, sehingga menyulitkan peserta untuk mengikuti progam tersebut dan kurangnya tenaga sumber daya manusia untuk penerapan progam tersebut.

 

Saran bagi PT. Pos Indonesia Kantor Pos Lumajang, yaitu untuk kegiatan progam wisata pos ini sebaiknya untuk pelaksanaannya lebih baiknya agar dibuatkan ruangan khusus untuk penyampaian materi pada progam wisata pos ini serta meningkatkan media penyampaian pesan untuk peserta agar peserta bisa lebih tertarik untuk menyimak pesan yang disampaikan. Selain itu sebaiknya perlu berupaya mengoptimalkan penggunaan media terutama pemberdayaan website yang lebih rutin, meningkatkan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah dan kedepannya progam lebih dikembangkan sehingga PT. Pos Indonesia Kantor Pos Lumajang lebih dapat dikenal di kalangan pemuda terutama segmen dari Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas.