SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada Peserta DidikKelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen)

Dwi Ratna Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningsih, Dwi Ratna. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar (Studi kasus pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada peserta didik kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci: internet, perpustakaan, dan prestasi belajar

Pendidikan berperan penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus berusaha untuk mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah dengan memanfaatkan sumber belajar dengan baik dan maksimal. Tujuan dari penelitian ini ada tiga, diantaranya untuk mengetahui: (1) pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar, (3) pengaruh pemanfaatan internet dan perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar.

Rancangan penelitian ini adalah expost facto.  Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan internet dan perpustakaan sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Subjek penelitian in adalah 85 siswa kelas X yang menempuh matapelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen. Subjek penelitian diambil dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Skala yang digunakan dalam angket adalah skala Likert. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikansi t dari variabel pemanfaatan internet (X1) sebesar 0,001 dan thitung sebesar 3,551, sedangkan nilai signifikansi t dari variabel pemanfaatan perpustakaan (X2) sebesar 0,000 dan thitung sebesar 13,634. Nilai signifikansi F sebesar 0,000 dan Fhitungsebesar 196,957. Sumbangan efektif variabel X1 terhadap Y adalah sebesar 16,7% dan variabel X2 terhadap Y sebesar 64,3% dengan koefisien determinasi sebesar 0,828 atau 82,8%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan dan positif pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar, 2) Ada pengaruh yang signifikan dan positif pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar, 3) Ada pengaruh yang signifikan dan positif secara simultan pemanfaatan internet dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar matapelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen.Saran yang bisa diberikan: (1) Bagi pihak sekolah: senantiasa memantau kecepatan jaringan internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan,(2) Bagi guru SMK Negeri 1 Turen:  memberikan penugasan yang menuntut peserta didik memanfaatkan internet dan perpustakaan, (3) Bagi peserta didik: hendaknya lebih memanfaatkan internet dan perpustakaan, (4) Bagi peneliti lanjutan:diharapkan dapat menambahkan variabel bebas yang lain, karena masih ada variabel lain yang mempunyai pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar.

ABSTRAK

 

Ningsih, Dwi Ratna. 2017. The Influence of the Internet and LibraryUtilization as a Learning Resource to Academic Achievement (A case study on Subject of Office Administration Introduction on class X students Office Administrationin SMK Negeri 1 Turen). Thesis. Study Program of Office AdministrationEducational, Department of Management, Faculty of Economics, State University of Malang. Supervisor: H. Imam Bukhari, S.Pd., M.M., M.Pd.

 

Keywords: Internet, library, academic achievement.

Education plays an important role in developing quality human resources. The school as an educational institution should strive to achieve quality learning process so as to improve the achievement of learners.One of the way to improve the academic achievement is to utilize learning resources with well and maximum. The purpose of this research there three of them to determine (1) the influence of the internet utilization as a learning resource to academic achievment, (2) the influence of the library utilization as a learning resource to academic achievment, (3) the influence of the internet and library utilization as a learning resource to academic achievment.

The research design using expost facto research. Research subject is 85 student of the class X who took subject of Office Administration Introduction in SMK Negeri 1 Turen. This research subject selected by proportional random sampling. The data collected technique used questionnaires, documentation, and interviews. The data was analyzed with descriptive and multiple regression analysis.

The result showed that t significance value of the variable utilization of the internet (X1) is 0,001 and t count is 3,551, while the significance value of the variable utilization of the library (X2) is 0,000 and t count is 13,634. The F significance value is 0,000 and F count is 13,634. Effectiveness of variable X1 donation toward the variable Y is 16,7% and variable X2 donation toward the variable Y is 64,3% with the determination coefficient is 0,828 or 82,8%.

The results of the researchshowed that: (1) there is a significant and positive influence internet ulitizationto academic performance, (2) there is a significant and positive influence library utilization to academic performance, and (3) there is a significant and positive influence simultaneouslyinternet and library ulitizationto academic achievement on subject Office Administration Introduction on student of the class X Office Administration in SMK Negeri 1 Turn. Suggest that can be given: (1) for schools, continuously monitoring to the speed internet network and completeness school library facilitaties, 2) for teachers of SMK Negeri 1 Turen, to  give assignments that require students to ulitize internet and library, 3) for the learners should take better advantage of the Internet and the library as a source of learning so as to improve learning achievement; 4) for advanced researchers, are expected add another independent variable, because there are other variables that greater influence on academic achievement.