SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN KOMUNIKASI KANTOR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Inmas Agus Tini Agus Tini

Abstrak


ABSTRAK

 

Tini, I. A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Metode Think-Pair-Share (TPS) pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Apk 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S. Pd., M.M., M.Pd.

 

Kata kunci: Think Pair Share, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X Apk 1, didapatkan informasi bahwa aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran belum optimal, peserta didik yang mempunyai intelektual tinggi saja yang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik masih banyak yang dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM).  Suatu model pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X Apk 1. Model pembelajaran tersebut yaitu cooperative learning dengan metode think pair share (TPS) yang disesuaikan dengan kurikulum 2013.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran cooperative learning dengan metode Think Pair Share pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor Kelas X Apk 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran cooperative learning dengan metode Think Pair Share (3) mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran cooperative learning dengan metode Think Pair Share.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan selama 2 siklus melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

 

Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan metode Think Pair Share pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor Kelas X Apk 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar peserta didik pada siklus I  sebesar 92,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%, dan penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan metode Think Pair Share pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor Kelas X Apk 1 SMK Muhammadiyah 5 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar, pada pre-test siklus I terdapat 14 peserta didik yang mencapai KKM dengan nilai ketuntasan kelas 41,17%, meningkat pada posttest siklus I terdapat 27 peserta didik dengan nilai ketuntasan kelas sebesar 87,09%. Pada pretest siklus II dari 35 peserta didik tidak terdapat peserta didik mencapai KKM. Pada posttest siklus II seluruh peserta didik mencapai KKM dari 31 peserta didik dengan nilai persentase ketuntasan kelas 100%. Respon peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model cooperative learning dengan metode Think Pair Share pada siklus I sebesar 82,8% dan pada siklus II sebesar 85%.