SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui gambar seri pada siswa kelas IVA SDN Mangliawan II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

VINNI ALVIONI

Abstrak


ABSTRAK

 

AlvioniVinni, 2017.Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui gambar seri pada siswa kelas IVA SDN Mangliawan II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang .Pembimbing: I. Drs.H. Rumidjan, M.Pd, PembimbingII. Drs. A.Badawi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media gambar seri , Peningkatan keterampilanmenulis deskripsi,Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.

Berdasarkan perolehan hasil nilai ulangan umum semester I pada tahun 2015/2016 dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IVA  SDN  Mangliawan II adalah 65,76, sedangkan KKM yang harus di capai adalah 70. Oleh karena itu, untuk peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IVA SDN Mangliawan II menggunakan media gambar. Tujuan masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis deskripsi menggunakan media gambar seri siswa kelas IVA  SDN Mangliawan II Kecamatan pakis Kabupaten Malang?, Apakah peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan media gambar seri siswa kelas IVA  SD Negeri Mangliawan II kecamatan pakis kabupaten Malang?

Penelitian ini mengunakan desain penelitian tindakan kelas yang di lakukan dalam dua siklus yaitu Siklus I, dan Siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas IVA  SDN Mangliawan II Kecamatan pakis Kabupaten Malang. Pengumpulan data Siklus I dan II dengan mengunakan tes dan nontes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IVA SDN Mangliawan II menggunakan media gambar.

Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 65,76 untuk ketuntasan ada 9 siswa atau 28,12% dan belum tuntas ada 23 siswa atau 71,87%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70,00. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas71,92, ketuntasan ada 16 siswa atau 50% dan belum tuntas ada 16 siswa atau 50% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I , sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 79,6 dan ketuntasan ada 28 siswa atau 87,5% dan belum tuntas ada 4 siswa atau 12,5%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II.Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat.

kesimpulan penelitian bahwahasilbelajardankeaktifan siswa kelasIVA SDN Mangliawan IIdenganmenggunaanmedia gambar seri padamatapelajaranBahasa Indonesia mengalami peningkatan.Saran bagi sekolah Mediagambardalamupayameningkatkan aktivitas danhasilbelajarBahasa Indonesia merupakan mediayang cukupefektifuntukditerapkandikelas,sehinggatercipta pembelajaranyang lebihmenarik dan siswaterbantu dalam memahami materiBahasa Indonesia yang cenderungbanyak hafalan dandiharapkangurudapatmenerapkanpenggunaanmediagambarbukan hanyapadapembelajaranBahasa Indonesia tetapi pembelajaranlain.