SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Suku Bunga SBI, Nilai Tukar Rupiah, Ukuran Perusahaan dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Yield Obligasi Korporasi Periode 2014-2015

Nurul Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Yield merupakan hasil yang diterima investor dalam investasinya terhadap obligasi berupa bunga atau coupon dan capital gain/loss. Obligasi korporasi dinilai lebih menguntungkan dibanding dengan obligasi pemerintah, dengan kisaran yield obligasi korporasi pada 8%-15% dan obligasi pemerintah pada 6,4%. Perolehan yield obligasi korporasi dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal dan internal.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi yield obligasi korporasi. Faktor eksternal terdiri dari suku bunga SBI dan nilai tukar Rupiah, sedangkan faktor internal terdiri dari ukuran Perusahaan dan Debt to Equity Ratio (DER). Data dalam penelitian ini diperoleh dari Indonesian Bond Market Directory (IBMD), website resmi dari Bank Indonesia (www.bi.go.id) dan Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 20 obligasi dari 11 korporasi, akan tetapi jumlah sampel mengalami pengurangan karena terdeteksi outlier atau data ekstrim, yakni obligasi pada PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan kode obligasi ADHI01BCN2 dan obligasi pada PT Tower Bersama Infrastructure Tbk dengan kode TBIG01CN1, kedua sampel dari kedua perusahaan tersebut memiliki nilai DER yang terlampau jauh dibanding perusahaan lain, yakni berkisar pada nilai 3-5, sehingga sampel akhir penelitian ini berjumlah 18 sampel dari 9 korporasi dengan waktu penelitian selama 6 triwulan, yakni pada triwulan 1 tahun 2014 hingga triwulan 2 tahun 2015.

Berdasarkan hasil analisis menggunakan program SPSS, diketahui bahwa variabel suku bunga SBI, nilai tukar dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap yield obligasi korporasi, sedangkan DER berpengaruh negatif signifikan terhadap yield obligasi korporasi.