SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Cash Position (CP), Return on Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Devidend Payout Ratio (DPR) melalui Earning per Share (EPS) pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI tahun 2015

Tedy Tri Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

 

Kebijakan dividen merupakan cara pembagian dividen kepada para pemegang saham yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Kebijakan dividen ini mempengaruhi para investor dan persepsinya di pasar modal. Dalam menetapkan kebijakan dividen harus memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kebijakan tersebut. Hal tersebut perlu diperhatikan karena berkaitan dengan kesejahteraan pemegang saham.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebermanfaatan informasi dalam prospektus bagi investor dalam mengambil keputusan investasi. Pengujian ini dilakukan dengan melihat pengaruh  rasio keuangan terhadap kebijakan dividen melalui earnings per share. Variabel keuangan diwakili oleh  rasio likuiditas (Cash Position), rasio profitabilitas (Return on Equity), rasio solvabilitas (Debt to Equity Ratio), sedangkan variabel interveningnya adalah earnings per share. Data dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuanganyang diterbitkan oleh perusahaan manufaktur.

Data telah mengalami proses transformasi sebagai konsekuensi tidak terpenuhinya uji normalitas pada data asli. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang melakukan kebijakan dividentahun 2015. Penelitianini terdiri dari 143 perusahaan sebagai populasi, dan terseleksi sebanyak 53 perusahaan sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Analisis dilakukan dengan uji  regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, diketahui bahwa  CP, ROE, DER tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen baik secara langsung maupun tidak langsung.