SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Administrasi Sarana Dan Prasarana Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN 1 Malang).

Ragil Ayu Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Ragil Ayu Puspita. 2016. Pengembangan Modul Administrasi Sarana Dan Prasarana Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN 1 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj. Wasiti, S.Sos, M.Si

 

Kata Kunci: modul, administrasi sarana prasarana, contextual teaching and learning, hasil belajar.

Modul adalah salah satu bentuk bahan ajar yang memuat materi berdasarkan satu kompetensi dasar atau beberapa kompetensi dasar yang tersusun secara sistematis menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sehingga mereka dapat belajar secara mandiri. Kenyataanya, modul yang sesuai dengan kompetensi pembelajaran kurikulum 2013 masih sangat terbatas. Permasalahan tersebut juga dialami di SMKN 1 Malang. Oleh karena itu, diperlukan suatu modul yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas XI SMKN 1 Malang pada Kompetensi Dasar: (a.) Mengidentifikasi definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor, dan (b.) Mempresentasikan definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor,  (2) Mengetahui tingkat kelayakan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana  Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas XI di SMKN 1 Malang., (3) Mengetahui efektifitas modul melalui hasil belajar siswa dengan menggunakan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL).

Rancangan penelitian menggunakan model pengembangan 4-D dengan empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang guru pengajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana sebagai ahli materi, 1 orang dosen dari Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul.

Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli modul, dan siswa diketahui bahwa modul Administrasi Sarana dan Prasarana dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan persentase rata-rata validasi sebesar 88%. Selain itu modul Administrasi Sarana dan Prasarana juga dinyatakan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebesar  59,06% (dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana 61 dan setelah menggunakan modul sebesar 97). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Modul Administrasi Sarana Dan Prasarana Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah valid dan layak serta efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.