SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Pelaksanaan Program Literasi di Kelas V SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang

Indrianti Fatmasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatmasari, Indrianti. 2017. Profil Pelaksanaan Program Literasi di Kelas V SDN Percobaan 2 KecamatanSukun Kota Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muhana Gipayana, M.Pd., (II) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy., S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: profil pelaksanaan, program literasi, gerakan literasi sekolah, Malang

Program literasi merupakan program penumbuhan minat baca pada siswa yang diluncurkan pemerintah awal tahun 2016 dengan berlandaskan pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Mengingat program ini masih tergolong program baru dan masih sedikit sekali ulasan mengenai program literasi di sekolah dasar menjadi pertimbangan untuk melihat perkembangan program literasi di sekolah dasar khususnya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup proses pelaksanaan program literasi, gerakan literasi sekolah, penumbuhan minat baca, dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program literasi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan kebahasaan dalam bentuk hasil wawancara dengan kepala sekolah, wali kelas V, dan siswa-siswi kelas V SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian yaitu pelaksanaan program literasi di kelas V SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang sudah pada tahap pembiasaan yakni tahap ini merupakan tahap awal dalam Gerakan Literasi Sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan minat peserta didik terhadap bacaan dan terhadap kegiatan membaca. Untuk bahan pustaka yang ada di SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang sudah baik dalam jangka pendek yang artinya pengolahan buku dan pengadaan buku sangat dibutuhkan di SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang. Kondisi lingkungan di SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang sudah sangat baik dimana keseluruhan bangunan sudah ditempeli mading, poster, papan himbauan serta lingkungan yang kaya akan literasi serta sumber daya baik guru maupun staf sekolah sangat berperan aktif dalam kegiatan literasi ini. Faktor-faktor yang mempengaruhi program literasi di SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang yakni faktor yang menghambat program literasi teratasi dengan baik olehseluruh warga SDN Percobaan 2.