SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian oppo smartphone (studi pada mahasiswa pengguna oppo smartphone Program Studi S1 manajemen Angkatan 2015 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

reviyanti adlina

Abstrak


ABSTRAK

 

Adlina, Reviyanti. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Oppo smartphone (Studi Pada Mahasiswa pengguna Oppo smartphone Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2015 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mohammad Hari, M.Si.

 

Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian.

Dalam persaingan di dunia perdagangan sangatlah ketat tentunya dimana perusahaan yang ingin berhasil memenangkan kompetisi, harus memiliki strategi pemasaran yang tepat agar usaha dapat bertahan dan memenangi persaingan. Persaingan yang semakin ketat merambah pada semua sektor industri khususnya industri teknologi informasi. Sekarang ini telah banyak pesaingan produk smartphone untuk memudahkan manusia lebih praktis dalam mencari informasi dan berkomunikasi. Smartphone tidak lagi digunakan untuk media informasi saja melainkan media hiburan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa khususnya mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Smartphone dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah berkomunikasi dan mencari informasi melalui sosial media atau internet.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian Oppo smartphone. (2) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Oppo smartphone (3) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Oppo smartphone. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan instrument berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Oppo smartphone Prodi S1 Manajemen Angkatan 2015 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan cara teknik random sampling, yaitu teknik penentuan sampel secara acak., maka jumlah penentuan sampel diperoleh sebanyak 100 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa Variabel Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Oppo smartphone dan Variabel Kualitas Produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Oppo smartphone.

Saran yang dapat diberikan peneliti: (1) Sebaiknya Oppo menetapkan harga yang lebih terjangkau sesuai dengan kualitas produk dan manfaat yang diberikan oleh produk tersebut kepada konsumen (2) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat meneliti lebih dalam tentang kesadaran terhadap konsumen produk Oppo smartphone dan memperdalami materi variabelnya.