SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE (E-TICKETING) (Studi Pada Penumpang PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Stasiun Malang)

Suwarno .

Abstrak


ABSTRAK

Suwarno.2016. Analisis Faktor Keputusan Pembelian Tiket Secara Online (E-Ticketing)(Studi Pada Penumpang PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Stasiun Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan, M.Si., Grad.Dip. MGT. M.Bus. (II) Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M.

Kata Kunci: Faktor-faktor pembelian online, Keputusan Pembelian, Tiket Online (E-Ticketing), PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Stasiun Malang.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi baru, sistem e-ticketing dikembangkan pada model transportasi. Tingginya minat masyarakat dalam pembelian secara online, membuat PT. KAI menhadirkan inovasi pembelian tiket secara online (e-ticketing) untuk mempermudah pengguna kereta api. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian tiket kerata api secara online (e-ticketing) oleh penumpang PT. KAI Stasiun Malang dan faktor dominan yang menentukan keputusan pembelian tersebut.

Jenis penelitian ini adalah eksploratory dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah pengguna kereta api di stasiun malang yang melakukan pembelian tiket online. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan purposive sampling dan didapatkan 180 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor menggunakan software SPSS 21.

Hasil analisis faktor yang didapatkan menjelaskan 61,581% dari keseluruhan total variance, dan hasil analisis data menujukkan sebelas faktor terbentuk yang mempengaruhi pengguna PT. KAI Stasiun Malang Melakukan keputusan pembelian tiket secara online, yaitu: (1) informasi website dan harga, (2) Kepercayaan, (3) Faktor sosial, (4) efektifitas dan efisiensi, (5)Keterhandalan, (6) keamanan, (7) Popularitas dan teknologi, (8) bukti fisik, (9) Kemudahan, (10) Motivasi, (11) Kenyamanan. Faktor dominan yang mempenngaruhi keputusan pembelian tiket secara online oleh penumpang PT. KAI stasiun Malang yaitu faktor informasi dan harga.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah: (1) PT. KAI dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang dijadikan sebagai alasan pengguna kereta api melakukan pembelian tiket secara online, (2) faktor informasi website dan harga merupakan yang dijadikan alasan membeli tiket secara online, sebaiknya PT. KAI mempertahankan kelengkapan informasi pada website dan menambahkan informasi mengenai jadwal kereta lokal maupun tambahan. Selain itu, tetap mempertahankan harga sesuai daya beli masyarakat. (3) Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menspesifikan lagi area penelitian ke dalam kerea api kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi serta dapat mengetahui dari kesebelas faktor yang telah ditemukan peneliti manakah yang  memiliki pengaruh dominan dalam menentukan keputusan pembelian tiket kereta api secara online.