SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL MALANG TOWN SQUARE

Irviandi Rahmadani

Abstrak


ABSTRAK

Rahmadani, Irviandi. 2016. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Operasional Malang Town Square.Skripsi, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri  Malang. Pembimbing: (I) Drs. I. Nyoman Suputra, M. Si (II) Lohana Juariyah, S. E. M. Si

Kata Kunci: Kompensasi, motivasi, kinerjakaryawan.

Karyawan adalah sumber daya yang penting bagi perusahaan. Dengan memiliki karyawan yang memiliki kinerja yang tinggi atau baik, maka perusahaan tersebut akan dapat bersaing dengan baik juga. Kompensasi dan Motivasi adalah contoh variabel yang mempengaruhi kinerja karyawan. Pemberian kompensasi yang tepat dan beradasar keahlian pada karyawan akan meningkatkan kinerja karyawan. Motivasi juga memegang pernan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui deskriptif tentang Kompensasi, Motivasi, dan Kinerjakaryawan; (2) Untuk mengetahui apakah kompensasi berpengaruh terhadap kinerjakaryawan; (3) Untuk mengetahui apakah motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif pada karyawan bagian operasional Malang Town Square.Sampel pada penelitian ini sebanyak 77 karyawan yang di ambil menggunakan teknik proportionate random sampling dalam pengumpulan data. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh denga nmenggunakan kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Kompensasi berpengaruh secara  positif signifikan terhadap kinerja karyawan, dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (nilai signifikansi kurang dari 0,05) mengindikasikan bahwa H1 diterima. (2)  Motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dapat dibuktikan dengan nilai signnifikansi sebesar 0,035 (nilai signifikansi kurang dari 0,05) mengindikasikan bahwa H2 diterima.

Hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan sebegai berikut. Pertama kondisi kompensasi, motivasi, dan kinerja karyawan dalam kategori baik. Kedua, kompensasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Ketiga Motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada pihak Malang Town Square berkaitan dengan kompensasi agar lebih memperhatikan ketepatan waktu pemberian kompensasi, berkaitan dengan motivasi agar memberikan target yang lebih memotivasi diri sehingga lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan, dan berkaitan dengan kinerja agar lebih memperhatikan tentang ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan.

Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel lainnya diluar variabel yang telah diteliti oleh penulis.