SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI SIZE PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN MINUMAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012-2014

allan denyzhar

Abstrak


ABSTRAK

Denyzhar, Allan. 2016. Pengaruh Likuiditas terhadap Profitabilitas Melalui Size Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2014. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) H. Subagyo, S.E, S.H., M.M. (II) Yuli Soesetio, S.E., M.M.

Kata Kunci: Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Size Perusahaan, dan perusahaan makanan dan minuman

Setiap perusahaan berusaha untuk memaksimalkan profitabilitasnya. Dalam penelitian ini digunakan ROA karena rasio ini mampu mengukur efektivitas perusahaan dengan dana yang ditanam dalam aktiva yang akan digunakan untuk operasi perusahaan dalam memperoleh keuntungan. Untuk memaksimalkan profitabilitas perusahaan harus mengetahui kinerja perusahaan karena dapat mempengaruhi kondisi profitabilitas. Salah satu kinerja perusahaan yang diperlukan adalah current ratio dan size perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kondisi CR, size, dan ROA, pada perusahaan sampel, (2) untuk menguji apakah CR berpengaruh terhadap ROA perusahaan sampel, (3) untuk menguji apakah CR berpengaruh terhadap Size  perusahaan sampel, (4) untuk menguji apakah Size perusahaan berpengaruh terhadap ROA perusahaan sampel, serta (5) untuk menguji apakah CR berpengaruh Terhadap ROA melalui Size perusahaan sampel.

Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang listing di BEI tahun 2012-2104 sebanyak 15 perusahaan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila anggota populasi relatif kecil, kurang dari 30 objek. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis path.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kondisi ROA perusahaan sampel mengalami penurunan tiap tahun, kondisi CR perusahaan sampel juga mengalami penurunan di tiap tahun, sedangkan Size perusahaan sampel mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, (2) CR berpengaruh positif signifikan terhadap ROA perusahaan sampel, (3) CR tidak berpengaruh signifikan terhadap Size perusahaan sampel, (4) Size perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA perusahaan sampel, (5) CR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA melalui Size perusahaan sampel.

Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah (1) Dalam meningkatkan profitabilitas, perusahaan perlu mengendalikan beban yang dikeluarkan, Selain itu perusahaan juga harus memperhatikan kondisi perekonomian terjadi. (2) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan melakukan penelitian lanjutan dengan memperluas sampel dan data penelitian. Misalnya dengan menggunakan periode pengamatan yang lebih panjang serta menambahkan variabel independen lain yang diduga mempengaruhi profitabilitas.