SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan pada Siswi Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMKM 2 Malang

NORIS BAGUS MULYO

Abstrak


Pada bidang pendidikan saat ini, yang mendapatkan dampak yang cukup besar dengan pemanfaatan teknologi adalah media pembelajaran. Karena media pembelajaran dapat menjadi salah satu inovasi yang digunakan dalam dunia pendidikan khususnya pada tingkat SMK sebagai pedoman belajar siswa. Dengan memanfaatkan dan menerapkan teknologi pada media pembelajaran, dapat mempermudah dan dapat menarik minat belajar pada siswi SMK.Berdasarkan masalah dalam media pembelajaran saat ini, pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang proses pembelajaran dilakukan pada beberapa mata pelajaranproduktif program keahlian administrasi perkantoran guru hanya menggunakan media power point yang berisikan materi berupa teks. Hal ini menjadikan siswa menjadi bosan dan pasif, karena siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan menulis teks yang ada di dalam slide power point. Salah satu media pembelajaran yang menjadi solusi untuk kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan di SMK Muhammadiyah 02 Malang adalah media pembelajaran berbasisadobe flash cs6 yang berformat flash player. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Sugiyono, melalui tahap-tahap yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Media, (5) Revisi Media, (6) Uji Coba Lapangan. Dari sepuluh langkah model pengembangan Sugiyono,peneliti mengambil enam langkah model penelitian karena disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu yang diberikan olehpeneliti.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian berupa dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan tanggapan siswi serta hasil belajar. Pada hasil validasi ahli materi diperoleh hasil sebesar 100% yang menyatakan materi media pembelajaran sangat valid, hasil validasi ahli media sebesar 94,4% yang menyatakan media pembelajaran sangat valid, sedangkan untuk tanggapan siswi mendapatkan hasil sebesar 82,5% yang menyatakan media pembelajaran menarik dan dapat digunakan. Hasil uji coba yang dilakukan peneliti melalui sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media untuk mengetahui hasil belajar siswi. Hasil dari post test siswi menunjukkan perbedaan, yang menunjukkan rata-rata hasil belajar siswi sebelum menggunakan media sebesar 57,6%, sedangkan hasil belajar sesudah menggunakan media sebesar 72,3% . Berdasarkan perbandingan nilai post test tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis adobe flach cs6 yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswi.