SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Teknik Peer Asessment Menggunakan Model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan (Studi pada Peserta Didik Kelas XII APK SMK PGRI Turen)”.

tridewiningsih .

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Tridewiningsih. 2017. Penerapan Teknik Peer Asessment Menggunakan Model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan (Studi pada Peserta Didik Kelas XII APK SMK PGRI Turen)”. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si.

 

Kata Kunci : Teknik Peer Asessment, Model Talking Stick, Model Demonstrasi, Motivasi, Hasil Belajar.

 

Pada dasarnya setiap perubahan yang terjadi dalam kurikulum, umumnya merupakan proses pengembangan dari kurikulum sebelumnya. Banyak faktor yang menyebabkan perubahan-perubahan tersebut terjadi, Salah satunya adalah kondisi yang terjadi di lapangan dan kemajuan zaman. Kini peningkatan kualitas pendidikan menjadi perhatian bagi pemerintah. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu komponen yang menjadi sasaran peningkatan kualitas pendidikan adalah sistem pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Implementasi teknik Peer Asessment dan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi. (2) Mengetahui ada atau tidaknya peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan mererapkan teknik Peer Asessment menggunakan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi. (3) Mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan mererapkan teknik Peer Asessment menggunakan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran (APK) SMK PGRI Turen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Peer Asessment menggunakan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi dapat terlaksana dengan sangat baik. (2) Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah diterapkannya teknik Peer Asessment menggunakan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi. (3) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik baik dalam ranah kognitif maupun psikomotor.