SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN

Zulfa Izza Azzah-ra

Abstrak


ABSTRAK

Azzah-ra. Z.I. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi pada Kelas X Bidang Keahlian Bisnis  dan Manajemen di SMK PGRI 6 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M.Si

Kata kunci: kemandirian belajar, lingkungan belajar, hasil belajar

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan dan kesuksesan seseorang dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemandirian belajar, lingkungan belajar, dan hasil belajar siswa; (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar; (3) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar; (4) pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian Ex-Post Factoyaitu penelitian dengan tujuan untuk mengungkapkan fakta yang telah terjadi berdasarkan data yang ada pada responden tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi terhadap variabel yang diteliti. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) dengan variabel terikat hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 82 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 67 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik, yaitu: (1) uji normalitas; (2) uji heteroskedastisitas; (3) uji multikolinearitas.

 

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) analisis deskriptif; (2) analisis regresi linier berganda; (3) uji t; (4) uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemandirian belajar pada siswa dapat diklasifikasikan baik, lingkungan belajar siswa baik, dan sebagian besar siswa memiliki hasil belajar yang baik; (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X; (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X;(4) ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows.