SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRYDENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

lusi nurjanawati

Abstrak


ABSTRAK

Nurjanawati, Lusi. 2017. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. I Nyoman Suputra,M.Si.

Kata kunci: Guided Inquiry, Demonstrasi, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Pendidikan merupakan faktor utama yang mempunyai peranan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terutama dalam pembangunan. Kemajuan pembangunan selalu diupayakan seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu upaya pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Melalui pendidikan, watak dan kemampuan manusia dibentuk secara utuh untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman yang semakin berat. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik dalam materi sistem penyimpanan arsip mata pelajaran Kearsipan pada peserta didik kelas X semester II SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun pelajaran 2016/2017 melalui Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Metode Demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah 18 orang peserta didik yang terdiri atas 1 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan.Data hasil penelitian diperoleh dari pemberian pre test dan post test,an gket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajara Guided Inquiry Berbasis Metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik, terlihat dari hasil peserta didik pada siklus I mengalami peningkatan dari ketuntansan 16,67% menjadi 94,44%, siklus II juga mengalami peningkatan dari ketuntasan 5,56% menjadi 100%. Dari pengelolahan angket minat belajar menggunakan SPSS terdapat peningkatan minat belajar dari rata-rata sebelum 80,06 menjadi rata-rata sesudah 85,67 jadi terdapat peningkatan sebanyak 5,61,dengan taraf signifikansi sebesar 0,007 dan diperoleh t hitung sebesar ǀ-4,279ǀ. Dengan demikian, maka dapat diketahui bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar pada materi sistem penyimpanan arsip, peserta didik Kelas X Semester II SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017