SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Administrasi Sarana Dan Prasarana Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas XII Administrasi Perkantoran di UPT SMK Negeri 1 Pasuruan)

Lailatul Maulindah

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulindah, Lailatul. 2017. Pengembangan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas XII Administrasi Perkantoran di UPT SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci: modul, learning cycle 5E, administrasi sarana dan prasarana

 

Diberlakukannya kurikulum 2013 menjadikan beberapa perubahan dan penambahan terhadap materi pelajaran di sekolah, salah satunya di SMK pada program keahlian Administrasi Perkantoran terdapat mata pelajaran baru yaitu Administrasi Sarana dan Prasarana. Perubahan dan penambahan mata pelajaran baru tersebut belum diimbangi dengan penambahan perangkat pembelajaran baru seperti bahan ajar atau modul. Untuk itu, peneliti mengembangkan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E sebagai alternatif bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri serta membangun konsep berpikir kritis dan analitis siswa.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkanmodul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E untuk siswa SMK/MAK kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran; (2)untuk mengetahui kelayakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E melalui uji validasi ahli modul, ahli materi, dan siswa;dan (3)untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E.Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah penelitian, yaitu potensi dan masalah,pengumpulan data,penyusunan draftproduk awal,uji ahli modul dan uji ahli materi,revisi draft produk,uji kelompok kecil,penyempurnaan produk, dan uji kelompok besar. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen di Program Studi Pendidikan Administrasi PerkantoranJurusan Manajemen Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul pembelajaran, 1 orang guru pengajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana UPT SMK Negeri 1 Pasuruan sebagai ahli materi, dan 6 orang siswa kelas XII APK 1 UPT SMK Negeri 1 Pasuruan sebagai responden uji kelompok kecil.

Produk yang dihasilkan berupa modul Administrasi Sarana dan Prasarana dengan model pembelajaran Learning Cycle 5Eyang dilengkapi dengan modul pegangan guru. Kompetensi dasar yang dikembangkan dalam modul ini adalah administrasi laporan penghapusan sarana dan prasarana. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil validasi dari ahli modul, ahli materi, siswa uji kelompok kecil, dan hasil belajar siswa yang menjadi uji kelompok besar untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Total hasil analisis validasi ahli modul, ahli materi, dan siswa uji kelompok kecil menunjukkan persentase kelayakan modul sebesar 87,5% yang berarti sangat valid atau sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar siswa yang diambil dari nilai rata-rata kelas sebelum menggunakan modul hasil pengembangan sebesar 89,44, sedangkan nilai rata-rata kelas setelah menggunakan modul hasil pengembangan sebesar 93,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa modul hasil pengembangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana disarankan untuk menggunakan modul ini sebagai alternatif penunjang kegiatan pembelajaran.