SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran (Studi Pada Temporary Outlet Broadband and Digital Sales Grapari Telkomsel Malang)

Fiska Mamona

Abstrak


ABSTRAK

 

Mamona, Fiska. 2017. Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran (Studi pada Temporary Outlet Broadband and Digital Sales Grapari Telkomsel Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M,Si.

 

Keywords: Analisis SWOT, Strategi Marketing.

Analisis SWOT merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi dan posisi suatu perusahaan. Melalui analisis SWOT kita dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi oleh Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang, khususnya pada bidang pemasaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan dan memperoleh informasi dan data mengenai lingkungan internal maupun eksternal perusahaan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan konfirmasi data-data yang diperoleh terhadap subyek penelitian.

Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang berdasarkan analisis SWOT memiliki faktor yang menjadi kekuatan, antara lain: Branding Telkomsel yang kuat, lokasi usaha yang strategis, kualitas produk yang sangat baik harga produk Telkomsel sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, pelayanan pada pelanggan yang maksimal, promo produk Telkomsel yang up to date, dan perluasan BTS / Tower Telkomsel yang semakin meningkat. Faktor yang menjadi kelemahan Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang ialah: kondisi tenda yang kurang baik, sarana dan prasarana seperti tempat duduk dan pendingin udara yang kurang mendukung, kerapian seragam pegawai yang kurang maksimal, adanya perbedaan perlakuan tarif pada kuota 4G dan 3G pada produk Telkomsel, tempat parkir bagi pelanggan yang kurang luas, sering terjadi perubahan harga produk tanpa pemberitahuan sebelumnya, dan materi promo seperti papan reklame, banner, TV layar lebar yang kurang lengkap. Faktor yang menjadi peluang Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang ialah: pengguna smartphone yang semakin meningkat, semakin banyaknya pengguna social media seperti facebook, instagram, whatsapp, BBM dsb, era globalisasi yang mendorong pemasaran produk yang tiada batas, semakin banyaknya pengguna sinyal 4G, antusiasme baik dari masyarakat sekitar Grapari Telkomsel Malang, perkembangan jumlah penduduk di Kota Malang, dan masyarakat yang menjadikan internet sebagai kebutuhan sehari-hari. Faktor yang menjadi ancaman Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang ialah: persaingan antar kompetitor provider seluler yang semakin ketat, kompetitor menjual produk mereka dengan harga yang lebih murah, masyarakat menengah kebawah lebih banyak menggunakan produk dari kompetitor, adanya ketergantungan masyarakat pada produk-produk kompetitor pada wilayah tertentu sehingga pasar sulit ditembus, para kompetitor menggunakan kata-kata sindiran di iklan mereka yang dapat memperburuk citra Telkomsel, kompetitor memiliki jangka waktu penggunaan paket internet yang lebih panjang dibandingkan dengan Telkomsel, dan semakin banyaknya penggunaan WiFi di tempat umum, restaurant, rumah, dll. Bentuk desain pemasaran Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang dilihat dari STP, yang mana segmenting Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang adalah dengan menyediakan beberapa produk unggulan Telkomsel yang dapat digunakan oleh para pelanggan berbagai kalangan usia, status sosial, pendidikan, dan pekerjaan. Kemudian targeting Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang memilih target pasar sesuai dengan harga dan lokasi penjualan. Target pasar TO BDS Grapari Telkomsel Malang mencakup hampir semua kalangan. Produk-produk yang disediakan dapat digunakan dari kalangan menengah kebawah hingga menengah keatas. Dan positioning Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang menyediakan berbagai produk Telkomsel yang dijual secara langsung di Outlet BDS Grapari. Temporary Outlet BDS kadang juga membantu tugas Customer Service Grapari Telkomsel Malang dengan ikut membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Posisi Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang berada pada kuadran I, dengan skor faktor internal 0,79 dan skor faktor eksternal 0,72. Posisi Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang pada kuadran I menunjukkan bahwa situasi yang menguntungkan dimana perusahaan dapat menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada. Posisi ini mendukung dilaksanakannya strategi SO.

Dalam penelitian ini peneliti menyarankan bagi Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang untuk menjalin komunikasi yang baik antar anggota tim. Dimana dengan menjalin komunikasi yang baik akan mengurangi kesalahpahaman antar anggota tim. Tidak melupakan kelemahan dan ancaman, walaupun faktor kelemahan dan ancaman memiliki poin yang lebih rendah dibandingkan kekuatan dan peluang yang ada, namun faktor kelemahan dan ancaman merupakan hal yang harus diminimalisir, misalnya meningkatkan loyalitas dengan mempertimbangkan kembali harga produk khususnya pada paket internet juga dapat dilakukan oleh pihak Telkomsel. Selain itu perbaikan atau renovasi tenda juga seharusnya dilakukan secara reguler demi kenyamanan dan keamanan para pelanggan dan juga para sales, materi promo yang diperbanyak, peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung seperti menambahkan tempat duduk dan pendingingin udara juga dapat dijadikan PR untuk kedepannya. Dan bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisis hal-hal yang menarik yang sedang terjadi di Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang, misalnya dengan tema kualitas produk atau kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian maupun kepuasan pelanggan dimana kualitas produk dan kualitas pelayanan di Temporary Outlet BDS Grapari Telkomsel Malang memiliki poin yang tinggi. Untuk itu diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti tentang kualitas produk atau kualitas  layanan tersebut.