SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Desain dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian Motor Honda Tiger

Taufan Cahya Alfajar

Abstrak


Dewasa ini banyak perusahaan yang terus bersaing dalam meluaskan usahanya. Persaingan yang semakin ketat ini membuat perusahaan harus terus melakukan inovasi. Inovasi ini terutama bagi perusahaan dagang adalah dengan strategi pemasaran yang diantaranya dengan menerapkan strategi desain dan kualitas produk. Desain dan kualitas produk yang baik tentunya membuat perusahaan mampu bersaing dan menarik konsumen lebih banyak. Desain dan kualitas produk tentunya juga dapat menambah tingkat kepuasan konsumen setelah membeli produk tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal, yang  mencakup desain produk, kualitas produk, keputusan pembelian yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada Neo-gat’s Malang.

Penelitian ini mengguakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian didapat dengan jawaban hasil kuisioner yang diberikan kepada responden yang merupakan anggota club motor Neo-Gat’s sebanyak 60 orangPengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path analysis)

Berdasarkan hasil analisis data tersebut diketahui bahwa pengaruh desain dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen memiliki taraf signifikansi sebesar 0,002 dan 0,008 dan koefisien beta 0,596 dan 0,380 ; H1 diterima yang berarti terdapat pengarub positif signifikan antara desain dan kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian memiliki taraf signifikansi sebesar 0,002 dan 0,000 dengan koefisien beta sebesar 0,306 dan 0,305; maka H2 diterima, yang berarti desain dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengaruh desain dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebesar 0,177 dan 0,112 dan taraf signifikansi sebesar 2,80 dan 2,69; maka H3 diterima, yang berarti desain dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen yang dipengaruhi keputusan pembelian.Pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,297 dengan signifikansi sebesar 0,008; maka H4 diterima yang berarti terdapat pengaruh antara keputusan pembelian dengan kepuasan pelanggan.

Saran dari penbelitian di atas adalah Honda dapat lebih meningkatkan desainnya terutama pada bagian knalpot dan mempermudah kembali dalam hal perbaikan mesin. Untuk para peneliti selanjutnya dapat mencari tempat pengambilan kuisioner yang lebih mudah dan dapat mengganti variabel desain dan kualitas produk dengan variabel lain semisal harga ataupun citra merek.