SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

MUHAMMAD HARIS TAUFIQURROHMAN

Abstrak


ABSTRAK

Taufiqurrahman, Muhammad Haris. 2016. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu).Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. Sopiah, M.Pd., M.M (II)Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

Kata Kunci: Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Hasil belajar siswa umumnya dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor internal tersebut diantaranya adalah efikasi diri dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kondisi hasil belajar, efikasi diri, dan motivasi belajar siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu, (2) Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu, (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatoryresearch. Instrumenpenelitian ini berupa kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 70 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.

Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Boyolangu.

 

Peneliti menyarankan untuk (1) guru agar menggunakan metode belajar yang sesuai dengan kecakapan siswa dalam mempelajari, memahami materi, dan membuat siswa termotivasi untuk belajar lebih baik lagi, agar siswa bisa memperoleh hasil belajar yang lebih optimal, untuk (2) siswa agar meningkatkan kecakapannya serta lebih memanfaatkan waktu luang lebih baik lagi agar memperoleh hasil belajar yang optimal, untuk (3) peneliti selanjutnya agar memperluas kajian penelitian dengan menganalisis variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar, misalnya saja variabel kecerdasan siswa.