SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Bursa Kerja Khusus Dalam Penyediaan Informasi dan Penyaluran Tenaga Kerja Lulusan SMK Negeri 1 Turen

Bahrudin Yusuf Sani Putra

Abstrak


ABSTRAK

Yusuf Sani Putra, Bahrudin. 2016. Peran Bursa Kerja Khusus dalam Penyediaan Informasi dan Penyaluran Tenaga Kerja Lulusan SMK Negeri 1 Turen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Suharto SM, M.Pd., M.M,  (2) Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si.

Kata Kunci: bursa kerja khusus, informasi, penyaluran tenaga kerja

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan siap kerja. Namun, pada kenyataannya kompetensi yang dimiliki para lulusan seringkali tidak sesuai dengan bidang pekerjaan yang tersedia. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya lulusan yang masih mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan. Salah satu indikator kesuksesan sebuah lembaga pendidikan kejuruan bukan hanya dinilai dari perolehan nilai dalam Ujian Akhir Nasional (UAN) dengan tingkat kelulusan tinggi, namun juga ditentukan seberapa besar lulusan dapat terserap di dunia kerja. Oleh karena itu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan mampu memberikan kesempatan yang luas bagi lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki serta mampu menyalurkan para lulusannya ke dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Peran Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam penyediaan informasi dan penyaluran tenaga kerja lulusan SMK Negeri 1 Turen, (2) Mengetahui pelaksanaan Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam penyediaan informasi dan penyaluran tenaga kerja lulusan SMK Negeri 1 Turen, (3) Mengetahui faktor-faktor penghambat dalam penyediaan informasi dan penyaluran tenaga kerja lulusan SMK Negeri 1 Turen.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni instrumen manusia, yakni peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan analisis data. Kegiatan analisis data dimulai dengan (1) Reduksi data (data reduction), (2) Penyajian data (data display), dan (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusions drawing and verification).

Paparan data dalam penelitian ini berisi tentang data yang sifatnya umum yang fungsinya sebagai pelengkap. data tersebut meliputi: Profil SMK, Visi dan Misi, Struktur Organisasi dan Bursa Kerja Khusus (BKK). Hasil dalam penelitian ini berisi tentang data yang didapatkan dari hasil wawancara terhadap narasumber. Temuan dalam penelitian ini berisi tentang temuan-temuan yang diperoleh selama penelitian berupa data berbentuk dokumen maupun hasil wawancara peneliti terhadap narasumber.

 

Adapun tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Turen sudah melaksanakan perannya dalam menyediakan informasi dan penyaluran tenaga kerja lulusan SMK Negeri 1 Turen. (2) Tahap pelaksanaan Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam memberikan informasi dan penyaluran tenaga kerja meliputi: Tahap pertama Bursa Kerja Khusus (BKK) memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui beberapa media, yakni berupa majalah dinding, dan Media Sosial seperti facebook. Tahap berikutnya setelah informasi tersebut diperoleh siswa adalah mendata para siswa yang ingin mengikuti kegiatan seleksi dari perusahaan yang bersangkutan. Tahap ketiga, Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Turen akan mengkonfirmasi jadwal tes melalui Media Sosial facebook. Tahap keempat, para siswa melakukan beberapa tes di sekolah dan di perusahaan tergantung kebijakan perusahan dan sekolah. Tahap terakhir adalah menunggu hasil tes, jika peserta tes lolos akan diberitahu melalui pihak sekolah dan akan menunggu kebijakan selanjutnya mengenai keberangkatan dan lain-lain. (3) Ada 3 hambatan yang selama ini dirasakan oleh sekolah yaitu: Sekolah tidak mempunyai petugas khusus untuk menangani seluruh urusan di Bursa Kerja Khusus (BKK) itu sendiri, Para lulusan kurang bisa bekerja sama dalam memberikan informasi sehingga pihak Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Turen kesulitan dalam melakukan kegiatan monitoring lulusan, dan Bursa Kerja Khusus (BKK) merasa sulit dalam menawarkan lulusan di jurusan tertentu pada DU/DI. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Sekolah diharapkan memiliki petugas khusus yang mengurusi Bursa Kerja Khusus (BKK) selain itu sekolah juga diharapkan lebih banyak melakukan penyuluhan kepada siswa tentang keberadaan, fungsi, dan tugas Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Turen serta lebih banyak lagi melakukan kerjasama dengan DU/DI. (2) Siswa diharapkan lebih aktif dan berani dalam mencari informasi pekerjaan maupun mengungkapkan aspirasinya kepada Bursa Kerja Khusus (BKK) selain itu para lulusan juga diharapkan mau bekerjasama dengan pihak Sekolah/Bursa kerja Khusus (BKK) dengan aktif berkomunikasi. (3) Perlu penelitian lebih lanjut yang membahas mengenai hubungan sekolah dengan DU/DI terkait kerja sama di bidang penyaluran tenaga kerja tamatan/lulusan khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).