SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PERSONAL SELLING PADA DEALER MOBIL SUZUKI PT. MITRA PUTRA PROFITAMAS SAMPIT

dewi sri wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Putri Ossy 2016. Penerapan Personal Selling Pada Dealer Mobil Suzuki PT. Mitra Putra Profitamas Sampit. Skripsi, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Agus Hermawan, M.Si Grad. Dip. MGT., M.Bus, (II) Handri Dian Wahyudi, S.E., S.Pd., M.Sc.

 

Kata kunci: Personal Selling

 

 Perusahaan yang mampu memenangkan persaingan, harus menerapkan strategi atau metode yang tepat dalam mempromosikan produknya kepada konsumen. Personal selling adalah presentasi pribadi oleh para wiraniaga perusaan dalam rangka mensukseskan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Lain halnya dengan periklanan dan kegiatan promosi lain yang komunikasinya bersifat massal dan tidak bersifat pribadi. Pada proses ini konsumen akan merasa diperhatikan sekaligus dipermudah dalam memperoleh produk sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

PT. Mitra Putra Profitamas adalah perusahaan Authorized Dealer Automotive yang sedang berkembang pesat dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction), melalui Automotive Subsidiary "Mitra Suzuki", yang dipercaya sebagai sole agent untuk Suzuki roda 4 di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah selama lebih dari 30 tahun ini.

Pengumpulan data pada penelitian ini digunakan untuk mendapatkan data yang relevan, yakni sesuai dengan rumusan masalah yang diangkat, sehingga taknik pengumpulan data yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis terhadap data-data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Personal Selling oleh Sales Force pada PT. Mitra Putra Profitamas Sampit sebagai berikut: (1) Memilih calon pelanggan (prospecting); (2) Mempelajari calon pelanggan (preapproach); (3) Pendekatan (approach); (4) Menceritakan produk dan demonstrasi (presentation and demonstration); (5) Menangani keberatan pelanggan (headling objective); (6) Menutup penjualan (closing); dan (7) Tindak lanjut setelah penjualan (follow up).

Saran yang dikemukakan terkait penelitian ini, diantaranya sebagai berikut: (1) Membuat web perusahaan; (2) Sales force lebih teliti lagi dalam memilih calon konsumen potensial; (3) Admin Sales lebih sering memberikan informasi mengenai alokasi unit mobil yang ready dari pihak Indomobil kepada sales force.