SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas xi di smk turen

mochammad . hidayattuloh

Abstrak


ABSTRAK

Hidayatullah, M. 2016. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK Turen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mohammad Hari, M.Si (II) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M.

Kata kunci: efikasi diri, lingkungan keluarga, minat berwirausaha

Tuntutan pekerjaan yang cukup tinggi membuat kesulitan mendapatkan kesempatan kerja sehingga banyak anak-anak setelah lulus sekolah menjadi pengangguran. Sehingga salah satu upaya untuk mengurangi pengangguran yaitu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan menjadi seorang wirausahaan. Sekolah SMK idealnya dapat membantu pembentukan minat siswa untuk berwirausaha. Minat berwirausaha bisa ditumbuhkan salah satunya dengan meningkatkan efikasi diri dan lingkungan keluarga. Efikasi diri berhubungan dengan keyakinan dalam diri melakukan berbagai macam tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Lingkungan keluarga akan mempengaruhi pekembangan perilaku dan pola pikir anak dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi efikasi diri, lingkungan keluarga dan minat berwirausaha; (2) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha; (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 23. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 107 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan lima opsi jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Efikasi diri, lingkungan keluarga dan minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK Turen tergolong baik (2) variabel efikasi diri menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwiarusaha; (3) variabel lingkungan keluarga menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.

 

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan: (1) bagi guru diharapkan lebih banyak memberikan praktik tentang kewirausahaan; (2) bagi siswa harus lebih memahami materi mata pelajaran kewirausahaan yang diberikan oleh guru dan memanfaatkan prakerin dengan baik; (3) bagi orang tua hendaknya memberikan dukungan, arahan, bimbingan, dan dorongan dalam kegiatan belajar; dan (4) bagi peneliti selanjutnya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha.