SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Ekonomi SMK PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Sindi Azelia

Abstrak


ABSTRAK

Azelia, S. 2016. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Ekonomi di SMK PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Sutrisno, M.M, (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.Pd., S.E., M.M.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Siswa

Hasil Belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa dalam proses pembelajaran yang mana ditunjukkan dengan bertambahnya wawasan dan pengetahuan siswa. Hasil Belajar dapat diperoleh dari kegiatan evaluasi belajar yang dilakukan oleh guru dan merupakan hasil pemberian ilmu serta penguatan ilmu dari guru.Hal ini dimaksudkan bahwa hasil belajar dapat diperoleh dari kegiatan penerapan kompetensi pedagogic dan fasilitas belajar yang dimiliki guru dan sekolah.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kompetensi pedagogic terhadap hasil belajar, (2) Fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK PGRI 6 Malang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Ekonomi SMK PGRI 6 Malang, variable bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru danfasilitas belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 83 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisi sregresi linier berganda.

 

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa (1) kompetensi pedagogic berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang, (2) variable fasilitas belajar mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variable fasilitas belajar mempunyai pengaruh yang dominan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti lebih dalam mengenai kompetensi pedagogik guru dan kompetensi lainnya yang harus dimiliki oleh guru serta upaya meningkatkan kompetensi guru.