SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang)

titan prisilia

Abstrak


Kebiasaan siswa yang pasif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi sebagian besar siswa sehingga menimbulkan rasa malu dan takut untuk bertanya tentang materi pembelajaran yang kurang dipahami. Selain kebiasaan siswa yang pasif, pembelajaran yang berpusat kepada guru juga sangat mempengaruhi keaktifan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan penerapan model pembelajaran yang tepat untuk menarik partisipasi siswa secara keseluruhan sehingga siswa dapat secara aktif menyampaikan pendapat maupun bertanya meski tidak pada guru secara langsung dan juga akan mempermudah siswa dalam pemahaman materi pembelajaran yang terkait.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team-Achievement Divisions (STAD). Kompetensi dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah menjelaskan paradigma dan filosofi administrasi perkantoran.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tekni pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu 1) Mereduksi Data, 2) Penyajian Data, dan 3) Penyimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Student Team-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata nilai post testsiklus I adalah 60,06 dan 79,59 pada siklus II. Perbandingan rata-rata  nilaipost test siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,53.

Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah model pembelajaran Student Team-Achievement Divisions (STAD) hendakmya dipertimbangkan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini juga dapat diterapkan untuk mata pelajaran lain yang relevan terutama pada kelompok produktif.