SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Shopee ID (Studi pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2014/2015 & 2015/2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

Melyanie Mandasari

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan fashion. Shopee ID memanfaatkan peluang tersebut untuk dijadikan peluang dalam menarik konsumen. Faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap dan keyakinan) menjadi salah satu faktor yang menentukan ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor psikologis mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian di Shopee ID.

Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan metode wawancara. Untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan sumbangan efektif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologi konsumen yang meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran, serta sikap dan keyakinan berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian secara online di Shopee ID. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen telah menilai dari berbagai aspek yang memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada mereka. Produk yang berkualitas, produk yang mengikuti tren masa kini, proses transaksi yang mudah, hingga meningkatkan rasa percaya diri dan nilai diri konsumen merupakan sebuah motivasi yang dapat membangkitkan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian dan meningkatkan keyakinan konsumen untuk memiliki persepsi positif terhadap Shopee ID. Konsumen yang telah merasa yakin akan memberikan sikap yang positif berupa tindakan pembelian secara online di Shopee ID.

Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh hendaknya Shopee ID dapat melakukan pendekatan yang lebih intensif terhadap konsumen sehingga dapat menjaring lebih banyak konsumen dan tidak terbatas pada satu kalangan saja karena konsumen sebagai kunci dasar yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran. Pemahaman yang diperoleh mengenai faktor psikologi konsumen yang meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran, serta sikap dan keyakinan dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam menentukan strategi pemasaran Shopee ID berupa pelayanan konsumen dan bauran pemasaran.