SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tingi (StudiPadaSiswaKelas XIi APK SMK Negeri1 TurenTahunAjaran2016/2017)

Wardhatul Jhanah .

Abstrak


ABSTRAK

Jhanah, Wardhatul. 2016. Pengaruh Motivasi Belajardan Status SosialEkonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi (Studi Pada Siswa Kelas XII APK SMK Negeri 1 TurenTahun Ajaran 2016/2017).Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si (II) Elfia Nora, S.E., M.Si

Kata Kunci : motivasi belajar, status sosialekonomi orang tua, minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, setiap orang dituntut untuk selalu mengembangkan diri terutama dalam hal penguasaan pengetahuan dan berbagai kompetensi yang menuju pada profesionalitas. Salah satucara yang paling tepat dalam meningkatkan pengetahuan dan berbagai kompetensi adalah melalui pendidikan. Di dalam profesionalitas dunia kerja, jenjang pendidikan menjadi salah satu faktor pengukur.Pendidikan tinggi memberikontribusi dalam menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era globalisasi ini.Pendidikan tinggi diselenggarakan untuk mencetak sumber daya manusia yang bisa terjun kemasyarakat.Pendidikan tinggi membekali mahasiswa dengan kemampuan akademik dan profesionalitas.Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi meliputi motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua siswa, dan minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (2) Pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (3) Pengaruh status sosialekonomi orang tua terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Variabel bebas penelitian ini adalah motivasi belajar (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2), sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (Y).Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 100 siswa.Sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan empat skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju, setuju, tidaksetuju, dan sangat tidak setuju.Jenis datanya adalah data interval.Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, dokumen dan wawancara.Dalam penelitian ini angket di bagikan kepada seluruh populasi pada tanggal 15 agustus 2016.Dokumentasi di dalam penelitian ini adalah daftar absensi siswa untuk mengetahui jumlah siswa.Untuk uji kelayakan digunakan uji validitas dan reliabilitas yang diolah melalui program IBM SPSS 16 for windows.Penelitian ini menggunakan beberapa model asumsi klasik, yaitu : (1) Ujinormalitas, (2) Uji multikolinieritas, dan (3) Uji heteroskedastisitas.

Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa : (1) model regresimemenuhiasumsinormalitasterlihatdarititik-titikmenyebar di sekitargaris diagonal padagambarNormal P-Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresitidakterjadimultikolinieritasditunjukkandengannilaiVIF 0,10. (3) Model regresitidakheteroskedastisitasterlihatpadagambarscatterplot tidakmembentuksuatupolatertentudanmenyebaracak. Jadi, modelregresilayakuntukdigunakan.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa tinggi, Status sosial ekonomi orang tua siswa rendah, dan minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah tinggi.Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Motivasi belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Turen untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi. (2) Status sosialekonomi orang tua berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Turen untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

 

Berdasarkan hasil penelitianini, peneliti menyarankan : (1) Bagi pihak sekolah hendaknya memberi arahan yang baik bagi siswanya, agar siswa dapat menetukan arah yang baik setelah mereka lulus dari SMK. Sekolah harus lebih memberikan gambaran yang luas tentang perguruan tinggi. (2) Bagi Orang tua dari golongan status sosial ekonomi yang rendah, diharapkan tetap memberikan dukungan kepada anaknya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan cara mencari in formasi tentang beasiswa untuk memasuki perguruan tinggi. (3) Bagi siswa dengan motivasi belajar yang tinggi yang telah dimiliki oleh siswa hendaknya digunakan sebagai bahan pertimbangan siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (4) Bagi Peneliti selanjutnya penelitian ini memberikan informasi mengenai beberapa faktor yang dapat memengaruhi minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi yaitu motivasi belaajr dan statsu sosial ekonomi orang tua. Namun, tidak hanya kedua faktor tersebut yang dapat mempengaruhi minat siswa melanjutkan studi ke  perguruan tinggi, tetapi masih banyak faktor lain antara lain faktor ekpektasi masa depan yang dapat peneliti lain paparkan sesuai dengan temuan peneliti.