SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru, Lingkungan Keluarga dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru (Studi pada Mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013).

Shinta Wahyuningtyas

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana deskripsi persepsi tentang profesi guru, lingkungan keluarga, informasi dunia kerja, dan minat menjadi guru, (2) Pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru, (3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru, dan (4) Pengaruh informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas penelitian ini adalah persepsi tentang profesi guru (X1), lingkungan keluarga (X2) dan informasi dunia kerja. Adapun variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat menjadi guru (Y). Populasi dan sampel untuk penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang berjumlah 158 mahasiswa. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) Statistik Deskriptif, (2) Uji Asumsi Klasik dan (3) Analisis Regresi Linier Berganda.

Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan penelitian, yaitu (1) Persepsi tentang profesi guru, lingkungan keluarga dan informasi dunia kerja yang dimiliki mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM angkatan 2013 tergolong dalam katergori baik, namun penguasaan konsep kompetensi guru pada beberapa mahasiswa perlu ditingkatkan lagi. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM, dan (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran bahwa (1) Minat mahasiswa untuk melanjutkan karir sebagai guru sudah baik, namun alangkah lebih baiknya bila mahasiswa lebih memahami lagi apa saja kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Terutama pada kompetensi pedagogik yang merupakan bekal dasar bagi seseorang yang menjalani profesi sebagai guru. Mahasiswa juga harus memantapkan dan meyakinkan diri untuk menjadi guru karena telah memilih pendidikan yang berlatarbelakang profesi keguruan. Selain itu mahasiswa perlu menambah referensi mengenai profesi guru untuk memperluas pengetahuan mengenai profesi guru, (2) Lingkungan keluarga sudah sangat menunjang minat mahasiswa sebagai guru, hanya saja perlu ditingkatkan lagi upaya untuk memberi motivasi bagi mahasiswa dalam menentukan jenjang karir. Baik berupa dukungan moril dan materil agar mahasiswa tidak ragu dalam menentukan karir yang akan dipilih, karena keluarga merupakan pihak terdekat yang lebih memahami diri mahasiswa, dan (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat mendukung minat menjadi guru seperti lingkungan teman sebaya, prestasi belajar, kesejahteraan guru, pengalaman PPL, dan lain sebagainya.