SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja pada Perum Jasa Tirta I Malang

nur khanifan

Abstrak


ABSTRAK

 

Khanifan, Nur. Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan Perum Jasa Tirta I Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1): Dr. Suwarni, M.Si. Pembimbing (II): Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E.,M.M.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja.

Sumber daya manusia merupakan aset vital untuk kelangsungan hidup organisasi saat ini maupun di masa yang akan datangoleh karena itu perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui peningkatan kinerja karyawan. Salah satu cara meningkatkan kinerja adalah dengan membuat lingkungan kerja pada sebuah perusahaan kondusif dan senyaman mungkin untuk karyawan. Selain berpengaruh langsung dalam menunjang kinerja karyawan, lingkungan kerja juga mempengaruhi kepuasan kerja karyawan yang nantinya juga akan mendorong kinerja karyawan pada suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kondisi lingkungan kerja, kepuasan kerja serta kinerja karyawan Perum Jasa Tirta I Malang; (2) Pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Perum Jasa Tirta I Malang; (3) Pengaruh tidak langsung lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan Perum Jasa Tirta I Malang.

Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuisioner tertutup, pengamatan, serta observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Perum Jasa Tirta I Malang. Populasi dalam penelitian berjumlah 114 dan diperoleh sampel 89 untuk mewakili dari populasi dari Perum Jasa Tirta I Malang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis).

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa: (1) Kondisi lingkungan kerja masuk dalam kategori cukup, kepuasan kerja karyawan baik/tinggi, namun kinerja karyawan Perum Jasa Tirta I Malang masuk dalam kategori rendah; (2) lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Perum Jasa Tirta I Malang; (3) lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan Perum Jasa Tirta I Malang.

Berdasarkan hasil penelitian, penulisi menyarankan: (1) Meperbaiki lingkungan kerja terutama larangan kepada karyawan untuk merokok didalam ruangan; (2) Meningkatkan kepuasan kerja terutama hubungan antar karyawan caranya bisa dengan mengadakan kegiatan bersama diluar jam kerja yang bisa menambah intensitas komunikasi karyawan dan menambah keakraban terhadap karyawan Perum Jasa Tirta I Malang.