SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Bauran Promosi terhadap Minat Beli Ulang Produk Perdana Kuota Data Always On (AON) Provider 3 (Tri) (Studi pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Batu)

Edo Yon Perkasa

Abstrak


Perkasa, E.Y. 2016. Pengaruh Bauran Promosi terhadap Minat Beli ulang Produk Perdana Kuota Data Always On (AON) Provider 3 (Tri) (Studi pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Batu). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Aniek Indrawati, S.Si, M.M., (2) Dr. Titis Shinta Dhewi,

S.P., M.M.

Kata Kunci: bauran promosi, minat beli ulang

Perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi berkembang pesat saat ini, salah satunya perkembangan telepon genggam yang sekarang lebih dikenal dengan smartphone.Fungsi smartphone akan optimal jika didukung oleh perusahaan provider seluler yang bagus. Tujuan dari suatu bisnis selain mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan merupakan hal yang penting pula. Salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan membuat promosi yang akan membangkitkan minat membeli ulang produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi bauran promosi; (2) Deskripsi minat beli ulang; (3) Pengaruh bauran promosi terhadap minat beli ulang secara parsial perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri); (4) Pengaruh bauran promosi terhadap minat beli ulang secara simultan perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri); (5) Variabel bauran promosi yang memiliki pengaruh dominan terhadap minat beli ulang perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri). Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bauran promosi yang terdiri atas periklanan (X1), promosi penjualan (X2), penjualan personal (X3), hubungan masyarakat (X4), dan pemasaran langsung (X5) sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat beli ulang (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu yang menggunakan perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri). Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan persyaratan: pengguna perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri) dan ingin melakukan pembelian kembal iproduk tersebut.Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 5 pilihan jawaban sangat setuju (5), setuju (4), cukup setuju (3), tidak setuju (2), sangat tidak setuju (1).Teknik pengumpulan data dalam penelitian in imenggunaka nkuesioner.Uji kelayakan instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda (uji t, uji F, dan uji variabel dominan).

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Periklanan diklasifikasikan cukup baik oleh pelanggan perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri); (2) Promosi penjualan diklasifikasikan cukup baik oleh pelanggan perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri); (3) Penjualan personal diklasifikasikan cukup baik oleh pelanggan perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri); (4) Hubungan masyarakat diklasifikasikan cukup baik oleh pelanggan perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri); (5) Pemasaran langsung diklasifikasikan cukup baik oleh pelanggan perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri); (6) Minat beli ulang diklasifikasikan cukup baik oleh pelanggan perdana kuota data Always On (AON) provider 3 (Tri). Uji asumsi klasik terdiri dari: (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standarized Residual; (2) Uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot; (3) Uji multikolinieritas dengan melihat nilai tolerance dan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan: (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari penyebaran titik di sekitar garis diagonal pada grafik P-P Plot of Regression Standarized Residual; (2) Model regresi tidak menunjukkan masalah heteroskedastisitas terlihat pada titik grafik scatterplot yang tidak membentuk pola tertentu; (3) Model regresi tidak menunjukkan gejala multikolinieritas. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Periklanan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang; (2) Promosi penjualan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang; (3) Penjualan personal memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang; (4) Hubungan masyarakat memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang; (5) Pemasaran langsung memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang; (6) Periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang; (7) Variabel promosi penjualan memiliki pengaruh dominan terhadap mina tmembeli ulang. Hasil dari nilai adjusted R square adalah 40,5% yang menyatakan pengaruh dari variabel bauran promosi, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini seperti kualitas produk.

Berdasarkan hasil dari penelitian ini disarankan: (1) bagi pihak perusahaan untuk mempertahankan bauran promosi yang berpengaruh signifikan, mengembangkan bauran promosi yang berpengaruh tidak signifikan serta, meningkatkan kualitas sinyal; (2) bagi peneliti selanjutnya untuk memperdalam variabel bauran promosi agar ditemukan temuan baru untuk ilmu pengetahuan.