SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran di PT. Roda Hamerindo Jaya

Satrio Danardana

Abstrak


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran PT Roda Hamerindo Jaya. SWOT merupakan salah satu alat yang dapat dipakai untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan suatu perusahaan, khususnya pada bidang pemasaran. Analisis SWOT adalah analisis yang didasarkan pada kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), ancaman (Threats) yang dimiliki dan dihadapi oleh PT Roda Hamerindo Jaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif memiliki ciri deskriptif karena data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Sumber data yang diperlukan bisa didapat darimana saja seperti: wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumen pribadi atau dokumen resmi lainnya. Untuk memperoleh dan mengumpulkan informasi data menegenai ligkungan internal dan eksternal. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, IFAS dan EFAS, Matriks SWOT.

Hasil penelitian didapat beberapa faktor-faktor internal diantaranya terdiri dari kekuatan yang dimiliki PT Roda Hamerindo Jaya yaitu lokasi yang strategis, harga terjangkau bagi konsumen, banyak pilihan produk yang ditawarkan, produk yang di tawarkan berkualitas dan unggulan, dan pelayanan yang sopan dan ramah. Kelemahan yang dimilik oleh PT Roda Hamerindo Jaya adalah adanya karyawan sering datang terlambat, kegiatan promosi kurang maksimal, kurangnya tenaga kerja bagian pengiriman, adanya pembatasan jumlah minimum pembelian. Sedangkan dari faktor-faktor eksternal antara lain Peluang yang dimiliki oleh PT Roda Hamerindo Jaya yaitu semakin meningkatnya permintaan di bidang industry, semakin meninggkatnya teknologi informasi, pangsa produk yang luas, kualitas di akui konsumen dan tingkat permintaaan konsumen yang menuntut produk yang berkualitas. Ancaman yang dihadapi oleh PT Roda Hamerindo Jaya adalah adanya pesaing yang bergerak di bidang yang sama, kebijakan pemerintah dengan menaikan harga bbm, tidak stabilnya nilai tukar rupiah, tuntutan konsumen semakin tinggi dan keterlambatan pengiriman barang dari supplier. Berdasarkan analsis SWOT setelah melakukan perhitungan faktor internal dan faktor eksternal yang dimiliki PT Roda Hamerindo Jaya menunjukkan bahwa saat ini berada pada posisi kuadran I yakni antara kekuatan dan peluang. Posisi tersebut mendukung dilaksanakannya strategi pertumbuhan yang agresif.

Berdasarkan Matriks SWOT,  telah didapatkan bahwa untuk strategi pemasaran PT Roda Hamerindo Jaya adalah dengan strategi SO, strategi yang bisa diterapkan oleh perusahaan yaitu: meningkatkan kegiatan promosi melalui media sosial, meningkatkan promosi secara offline, meningkatkan kegiatan promosi melalui personal selling, melakukan inovasi dengan memunculkan produk baru yang lebih variatif dan berkualitas.