SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Iklan Media Televisi Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha(Studi Pada Pemilik Motor Yamaha di Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri)

SUSI RETNO WULANDARI

Abstrak


ABSTRAK
 
Wulandari, Susi Retno. 2009. Pengaruh Iklan Media Televisi Terhadap keputusan
Pembelian Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha(Studi
Pada Pemilik Motor Yamaha di Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul,
Kabupaten Kediri)” Skripsi, Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni,
M.Si (II)Drs. I Nyoman Suputra, M.Si
 
Kata Kunci: Iklan Televisi, Keputusan Pembelian Sepeda Motor.
 
 
Pada saat ini dunia bisnis ditandai dengan adanya pola bisnis yang
memiliki persaingan yang tajam. Hal ini disebabkan banyaknya produk-produk
yang dihasilkan dan beredar di pasar. Salah satu produk yang menjadi kebutuhan
manusia saat ini adalah sepeda motor, banyak dijumpai merek lama yang sudah
semenjak dulu eksis. Tingginya penggunaan sarana transportasi saat ini tidak saja
karena fungsinya, namun sudah merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi
oleh berbagai sektor. Dewasa ini perkembangan penggunaan sepeda motor sangat
pesat sekali sesuai dengan perkembangan teknologi di dunia otomotif, sehingga
tidak mengherankan jika persaingan dalam usaha sepeda motor berlangsung
dengan sangat ketat dan harga yang ditawarkan pun menjadi kompetitif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi masyarakat
terhadap iklan sepeda motor Yamaha melalui media Televisi (isi pesan, struktur
pesan, format pesan, dan sumber pesan) di masyarakat Desa Baye, Kecamatan
Kayen Kidul,  Kabupaten Kediri.Kondisi Keputusan pembelian konsumen di
masyarakat Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul,  Kabupaten Kediri. Mengetahui
pengaruh isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan iklan sepeda
motor Yamaha melalui media Televisi secara Persial terhadap proses keputusan
pembelian masyarakat Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul,  Kabupaten Kediri.
Untuk mengetahui pengaruh isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber
pesan iklan sepeda motor yamaha melalui media televisi secara Simultan terhadap
proses keputusan pembelian masyarakat Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul, 
kabupaten Kediri. Mengetahui Variabel iklan media televisi yang terdiri dari isi
pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan, yang dominan
mempengaruhi proses pembelian pada masyarakat Desa Baye, Kecamatan Kayen
Kidul,  kabupaten Kediri. 
Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik sepada motor Yamaha di
desa Baye kecamatan Kayen Kidul kabupaten Kediri adalah sebesar 513 orang.
Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
metode propotional sampel yaitu dilakukan untuk melakukan penyempurnaan
penggunaan teknik sampel berstrata atau sampel wilayah. Sedangkan metode
pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket/kuisioner.
Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS  for windows release  13.0,
dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Setelah melakukan proses pengolahan data
dan analisis regresi linear berganda di ketahui hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Isi pesan= 0,321 (2) Struktur pesan= 0,353 (3) Format pesan= 0,299 (4)
Sumber pesan= 0,291. 
Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Rata-Rata responden setuju dengan
faktor-faktor pembentuk pesan iklan di  televisi (2) Rata-Rata responden setuju
dengan faktor-faktor pembentuk keputusan pembelian (3) ada pengaruh yang
positif signifikan pesan iklan(isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber
pesan) secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha (4) 
ada pengaruh yang positif signifikan pesan iklan(isi pesan, struktur pesan, format
pesan dan sumber pesan) secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda
motor Yamaha (5) faktor iklan yang dominan mempengaruhi keputusan
pembelian adalah isi pesan. 
Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh
selama ini adalah (1) Bagi Perusahaan hasil penelitian ini dapat dijadikan
pertimbangan dalam memutuskan pelaksanaan bauran promosinya khususnya
periklanan sehingga produk yang dipasarkan lebih mengena dan mudah diingat
oleh konsumen (2) Hendaknya perusahaan bisa mempertahankan kegiatan
periklanan baik itu melalui leaflet, baliho,media cetak karena kegiatan periklanan
memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. (3) Untuk pihak Divisi
Pemasaran Yamaha Indonesia, untuk Meningkatkan kualias produk serta tema
iklan sehingga akan menambah kepercayaan pemirsa terhadap Minat beli Produk.