SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Konflik dan Manajemen Konflik Karyawan Pada Komunitas Ngawi Organik Center Di Kabupaten Ngawi

Teguh Widodo

Abstrak


ABSTRAK

Widodo Teguh. 2016. Analisis Konflik Dan Manajemen Konflik Karyawan Pada Komunitas Ngawi Organik Center di Kabupaten Ngawi. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Elfia Nora, S.E., M.Si.(2) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.

Kata kunci: Konflik dan Manajemen Konflik

Konflik merupakan wujud dari interaksi individu dengan individu, atau antar kelompok, yang tujuannya berbeda bahkan berlawanan sehingga orang lain tidak sejalan dengan tujuan tersebut dan dianggap sebagai penghambat terhadap pencapaian tujuan. Mengatasi konflik dapat dilakukan dengan manajemen konflik yaitu mengelola konflik ke arah yang lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konflik yang ada pada karyawan di Komunitas Ngawi Organik Center yang meliputi bentuk, sumber dan dampak konflik serta untuk mengetahui bagaimana manajemen konflik yang diterapkan pada karyawan yang ada di komunitas Ngawi Organik Center.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang ada pada penelitian ini yaitu manajer, karyawan dan juga tenaga freelance yang ada pada Komunitas Ngawi Organik Center.

Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwabentuk konflik yang terjadi yaitu konflik intrapersonal, konflik peran dan konflik interpersonal. Sumber konflik yang terjadi yaitu beban tugas, kurang jelasnya job description yang tersedia dan juga perbedaan tujuan atau persepsi. Dampak konflik yang terjadi kelelahan yang dirasakan individu, kinerja karyawan, dan bertambahnya beban kerja untuk manajer. Manajemen konflik yang dilakukan yaitu konflik dibiarkan terlebih dahulu, strategi konflik, dan akomodasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, untuk memperbaiki organisasi kedepan sebaiknya KNOCmemberikan job description yang tertulis dan jelas kepada karyawan agar karyawan memahami tugas-tugas yang diberikan, memberikan pelatihan administrasi buku laporan kepada beberapa karyawan khususnya bagian produksi, manajer harus berkomunikasi kepada seluruh karyawan untuk mengetahui keluhan-keluhan serta memberikan bagian atau jabatan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan juga kemauan karyawan.