SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengadaan dan Pemberdayaan Karyawan di PT. Repoeblik Telo Kabupaten Pasuruan

USELLA IRVAN TIYANTI

Abstrak


ABSTRAK

Tiyanti, Usella Irvan. 2016. Analisis Pengadaan dan Pemberdayaan Karyawan di PT. Repoeblik Telo Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syihabudhin, S.E., M.Si. (2) Elfia Nora, S.E., M.Si.

Kata Kunci : Pengadaan, Perencanaan, Rekrutmen, Seleksi, Pemberdayaan Karyawan, dan Efektivitas Pemberdayaan

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan di era sekarang, tantangan yang dihadapi oleh setiap organisasi sekarang ini semakin berat. Tantangan yang dihadapi perusahaan kebanyakan disebabkan oleh faktor-faktor internal. Dalam menghadapi tantangan dan permasalahan yang semakin berat tersebut, seluruh unsur organisasi dituntut untuk berfikir kreatif guna menemukan berbagai terobosan yang mampu menciptakan sinergi yang memberikan kontribusi optimal bagi pencapaian visi, misi, dan tujuan. Untuk mencapai visi dan misi organisasi harus diisi dengan pegawai yang memadai. Fase yang paling awal memperoleh pegawai memadai yaitu pengadaan sumber daya manusia meliputi perencanaan, rekrutmen dan seleksi, selanjutnya perusahaan harus dapat memberdayakan sumber daya manusianya dengan sebaik mungkin guna memunculkan potensi yang ada dalam diri karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia, model pemberdayaan sumber daya manusia, dan efektivitas pemberdayaan sumber daya manusia.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Objek penelitian adalah PT. Repoeblik Telo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pemilik, manajer, bagian umum, kepala lini produksi, karyawan produksi dan kasir. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan kecukupan refrensi.

Hasil penelitian menunjukan, perencanaan sumber daya manusia di PT. Repoeblik Telo menggunakan perbandingan antara target yang akan di produksi dan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Rekrutmen dan seleksi menggunakan sumber internal dan eksternal tergantung jabatan yang diisi; media informasi yang digunakan yaitu rekomendasi dari karyawan dalam perusahaan;tidak ada periodesasi dan tidak terdapat kendala yang serius dalam pelaksanaan rekrutmen; langkah seleksi yang dilakukan yaitu pengecekan surat lamaran, wawancara, training, dan kontrak kerja; aspek yang dinilai dalam seleksi yaitu sikap dan kemampuan berkomunikasi, dan penampilan fisik pelamar. Pemberdayaan sumber daya manusia yang dilakukan yaitu pemberian wewenang, tanggung jawab dan pengambilan keputusan dalam menyeleksaikan pekerjaan.

 

Saran yang diberikan kepada PT. Repoeblik Telo adalah media informasi rekrutmen yang digunakan sekarang, agar diperbanyak lagi melalui iklan lowongan di media massa dan media sosial; mempertahankan program pemberdayaan yang dilakukan.